Perbaikan Jembatan Kalipang di jalan pantura wilayah Kecamatan Sarang dapat berimbas pada kondisi ruas jalan kabupaten. Pasalnya, ketika jembatan dibongkar, kendaraan besar akan menggunakan jalur alternatif yang mana merupakan ruas jalan kabupaten.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU Taru) Rembang melalui Kepala Bidang Bina Marga, Nugroho menyampaikan pemerintah pusat bakal memperbaiki jembatan-jembatan yang usianya melebihi batas umur perencanaan. Di Rembang, jembatan Kalipang Sarang yang kali ini digarap.

“Itu murni kewenangan pemerintah pusat. Kami hanya istilahnya di kulo nuwuni kalau akan ada penggantian jembatan di sana,” kata dia.

Disisi lain, lanjut dia, pengerjaan perbaikan jembatan tersebut akan memberikan dampak kepada daerah. Seperti rencana pengalihan lalu lintas kendaraan besar yang akan dilewatkan di ruas jalan Kabupaten.

Dikatakannya jalan Kabupaten yang ada saat ini kondisinya tidak cukup lebar. Ditambah jalan Kabupaten tidak dirancang untuk menahan beban berat kendaraan besar yang melintasi pantura.

“Ruas jalan kami yang saat ini kondisinya bisa dikatakan kurang lebar dan sebenarnya tidak dirancang untuk menahan beban sekelas jalan Pantura,” terangnya.

Untuk itu pihaknya akan meminta informasi kepada pemilik proyek dan mengusulkan agar pihak pemilik proyek juga bertanggung jawab ketika terjadi kerusakan pada jalan Kabupaten yang digunakan sebagai jalur alternatif.

“Kami akan minta info ke pemilik paket tersebut karena dalam satu paket pekerjaan jika itu akan menimbulkan arus lalu lintas di sekitarnya itu nanti ada kewajiban dari pemilik proyek untuk bertanggung jawab jika terjadi kerusakan,” bebernya.

Dirinya mengungkapkan, sementara ini jalur alternatif masih belum ditentukan. Karena terkait pengalihan lalu lintas kendaraan merupakan wewenang Satlantas dan Dinas Perhubungan Bersama pihak pimpinan proyek jembatan.(Dari Sarang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…