Pembangunan Pemecah Gelombang Air (Breakwater) di bagian sisi sebelah timur dan barat Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung Kecamatan Rembang akan segera digarap. Itu artinya kapasitas tambat labuh kapal di PPP Tasikagung juga semakin bertambah.

Ketua PPP Tasikagung Agung Yunus Mintarso menyampaikan pembangunan breakwater merupakan aspirasi dari masyarakat Desa Tasikagung yang menginginkan adanya kolam pelabuhan yang terlindungi. Sehingga nantinya bangunan breakwater akan berada di sisi sebelah barat dan timur PPP Tasikagung.

Selain itu dengan adanya breakwater, wilayah perairan  PPP Tasikagung juga bisa lebih tertutup. Sehingga memberi keamanan terhadap kapal yang bersandar, serta menambah kapasitas jumlah tambat labuh kapal di PPP Tasikagung.

“Kedepan mulai tahun 2022 ini ada pembangunan breakwater sebelah timur, mungkin lebih dahulu dilaksanakan di sebelah barat. Sehingga nanti kedepannya pelabuhan perikanan pantai Tasikagung ini menjadi tertutup dan aman. Secara otomatis juga tambat labuh kapal bisa menyebar di kanan dan kiri, sehingga tidak terjadi penumpukan,” kata dia.

Untuk pengerjaan kontruksi Breakwater, lanjut dia, akan mulai dilaksanakan pada pertengahan tahun 2022 ini. Saat ini Detailed Engineering Design (DED) dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) terkait pembangunan breakwater sudah clear semua.

Termasuk ijin pemanfaatan ruang laut juga telah dikantongi. Sehingga pengerjaan kontruksi breakwater tinggal menunggu tahapan proses lelang selesai.

“Ijin pemanfaatan ruang laut juga sudah ada, per 15 November. Saat ini proses lelang sedang berlangsung, insya allah di bulan Maret atau April mungkin pengerjaan kontruksi dimulai,” pungkasnya. (Rendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…