Pendaftar BPJS langsung bisa aktifkan layanan

REMBANG – Masyarakat Rembang yang mendaftar layanan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan, baik pendaftar baru maupun pengaktifan BPJS lama yang telah mati, bisa langsung digunakan. Sehingga pemohon tidak harus menunggu 15 hari bahkan 1 bulan untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan gratis di Fasilitas Kesehatan.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengatakan kemudahan layanan pengaktifan langsung itu akibat jumlah warga Rembang yang tercover BPJS mencapai 98 persen.

“Karena kepesertaan BPJS Wong Rembang, sudah mencapai 98%. Hampir semua Orang Rembang sudah punya BPJS. Sehingga ini dihargai oleh Pak Pemerintah Pusat,” imbuhnya.

Selain itu menurut Bupati diberikannya layanan kemudahan itu karena Rembang telah menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award Tahun 2023, dari pemerintah pusat, pada awal tahun lalu.

Hafidz mengakui Pemerintah Kabupaten Rembang, setiap tahunnya telah mengeluarkan anggaran Rp 20 Milyar untuk mengkaver layanan BPJS.

“Kula niku angger taun ngetokno duit ora kurang Rp 20 Milyar, biayai BPJSe wong sing ora tercover BPJS Pusat,” tuturnya.

Berdasarkan data di BPJS kesehatan, pada 2022 kemarin sebanyak 615.844 warga Rembang telah resmi terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dari total jumlah penduduk 646.477 orang jiwa atau sebesar 95,26 persen. Namun pada tahun 2023 ini warga Rembang yang terdaftar dalam kepesertaan JKN bertambah menjadi 98 persen.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *