REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang meraih penghargaan atas tercapainya Cakupan Semesta dalam penyelenggaraan jaminan kesehatan bagi penduduk Universal Health Coverage/ (UHC). Pencapaian ini menjadi bingkisan spesial bagi penduduk Kabupaten Rembang karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI dan juga Hari Jadi ke-281 Kabupaten Rembang yang jatuh pada tanggal 27 Juli 2022.

Ditemui di Pendopo Rumah Dinas Bupati Rembang, Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Arief Witjaksono Juwono Putro menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Rembang memiliki komitmen yang tinggi dalam memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk. Kabupaten Rembang merupakan Kabupaten kedua yang telah mencapai UHC di Jawa Tengah setelah Kabupaten Klaten.

“Ini merupakan capaian yang luar biasa. Kami sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Bupati untuk memastikan setiap penduduk dapat mengakses kebutuhan dasar kesehatan. Selain perluasan peserta, tentunya BPJS Kesehatan terus berupaya menjaga mutu layanan,” ujar Arief.

Pada kesempatan yang sama Bupati Rembang, Abdul Hafidz menyampaikan bahwa kesuksesan dalam mewujudkan UHC merupakan buah dari usaha yang dilakukan sejak tahun 2016. Pada masa itu Ia menerbitkan Peraturan Bupati yang mengintegrasikan program Jaminan Kesehatan Daerah Swakelola (Jamkesdas) dengan program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

“Pada tahun 2018 mulai terlihat hasilnya dan kita tingkatkan lagi. Regulasi-regulasi itulah yang ternyata ampuh untuk mempercepat pencapaian target-target yang ditetapkan oleh pemerintah. Capaian ini membuat kami lega, namun belum cukup puas karena kami menargetkan cakupan 98% di tahun 2024. Ini merupakan wujud komitmen Kabupaten Rembang untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk dengan memberikan perlindungan jaminan sosial,” ujar Abdul Hafidz.

Data BPJS Kesehatan menunjukkan bahwa sampai dengan 1 Agustus 2022 cakupan kepesertaan JKN bagi penduduk Kabupaten Rembang telah mencapai 95,26% atau sebesar 615.844 jiwa. Agar dapat memberikan layanan kesehatan dengan baik, BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pati telah bekerjasama dengan 51 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang terdiri dari 17 Puskesmas, 22 Dokter Praktik Perorangan, 1 Klinik Pratama, 9 Dokter Gigi, 1 Fasilitas Kesehatan TNI dan 1 Fasilitas Kesehatan Polri serta 4 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri dari 1 RSUD dan 3 RS Swasta di wilayah Kabupaten Rembang. ( Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Rembang akan jadi Tuan Rumah Jambore Relawan Nasional 2022

REMBANG – Pada tanggal 5 sampai dengan 7 Oktober 2022 Kabupaten Rembang…

Kepala Dinsos PPKB Subhan Tutup Usia

REMBANG – Kabar duka datang dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang. Pasalnya, Kepala…

Pilkades lancar, 16 incumbent terpilih kembali

  REMBANG – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Rembang, yang…

Partisipasi Pemilih pada pilkades serentak cukup tinggi

REMBANG – Partisipasi pemilih pada pemilihan kepala desa (Pilkades) di 42 desa…