Pemkab Usulkan 11 Raperda ke DPRD

Pemerintah Kabupaten Rembang telah mengajukan sebelas rancangan peraturan daerah untuk dibahas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Kesebelas rancangan tersebut masuk ke Program Pembentukan Peraturan Daerah 2022 untuk dibahas oleh Badan Pembentukan Peraturan Daerah.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Rembang, Dedhy Nugraha melalui Sub koordinator perundang-undangan, Nita Valenia hari Kamis (17/2) mengatakan saat ini persiapan pembahasan raperda memasuki penyampaian naskah akademik oleh Organisasi Perangkat Daerah bekerjasama dengan perguruan tinggi.

Setelah raperda ditetapkan oleh Propemperda, OPD pemrakarsa menyampaikan naskah akademik atau penjelasannya beserta raperdanya ke Bagian Hukum dibahas secara internal,” Imbuhnya

Nita Valenia menjelaskan setelah  uji publik untuk memperoleh masukan dari masyarakat maka selanjutnya melakukan harmonisasi dan sinkronisasi  untuk diusulkan kepada Bupati, disampaikan kepada DPRD untuk dibahas dalam rapat paripurna.

Kesebelas raperda yang diajukan itu meliputi 3 raperda wajib yang dibahas setiap tahunnya yaitu raperda pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2021, raperda perubahan APBD tahun anggaran 2022 dan Raperda APBD tahun anggaran 2023.

Kemudian raperda non APBD meliputi raperda revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Rembang tahun 2011-2031, raperda budaya integritas, raperda perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas, raperda pedoman pelaksanaan pengarusutamaan gender dan raperda rencana pembangunan industri kabupaten (RPIK).

Selain itu pemerintah kabupaten Rembang juga mengajukan perubahan raperda penyertaan modal BPR BKK Lasem, PD BKK Kaliori dan Bank Jateng, perubahan raperda pengelolaan barang milik daerah serta perubahan raperda retribusi perijinan tertentu.(Msd/Rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…