Bupati Rembang, Abdul Hafidz, mengajak kepada pemilik ternak sapi, untuk bersabar. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Rembang, selalu mendampingi pemilik ternak.

Hal itu disampaikan oleh Bupati, kepada wartawan, seusai apel pagi, di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Hari Senin (13/6).

Bupati mengatakan walaupun belum ada obat yang jitu dan penanganan yang tepat. Namun Pemkab berusaha agar penanganannya sesuai dengan sarana prasarana peralatan yang memadai. Di mana Pemkab melakukan pendampingan kepada pemilik ternak dengan pemberian obat atau vitamin. Di mana tenaganya gratis. Sedangkan obatnya tetap bayar.

“Tenaganya bebas oke. Lha nek obat-obatan mbokbebano pemerintah ya jangan. Kowe duwe aset sapi, ya ora miskin,” Imbuhnya.

Selain itu, pemerintah menurut Bupati juga siap membantu obat-obatan yang bersifat umum seperti penyemprotan.

Orang nomor 1 di Rembang ini mengungkapkan pihaknya sangat khawatir jika kasus PMK meluas. Karena berdampak bagi peternak. Karena ternak sapinya tidak bisa dijual.

“Bayangkan ini darurat PMK, orang nggak mau makan daging. Ada kemungkinan dimanfaatkan oleh importir. Jadi, yang bisa dikonsumsi daging yang berasal dari luar negeri. Soalnya daging Indonesia nggak bisa dikonsumsi,” Tuturnya.

Bupati menyebutkan kasus PMK di Rembang, saat ini tingkat kesembuhannya agak lamban dan angka kematiannya agak tinggi. Pasalnya, kasus PMK sebanyak 2 ribu yang mati 10 ekor, disembelih sebelum mati 40 ekor dan tingkat kesembuhan 48 ekor.

Sebagai bentuk antisipasi agar tidak menular, aktifitas jual beli di pasar hewan ditutup sampai waktu yang tidak ditentukan.(Dari Rembang Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…