Berkunjung ke Museum RA. Kartini Rembang, kini bisa dilakukan lewat jelajah virtual 360° atau Virtual Tour. Caranya dengan mengakses laman https://museumkartinirembang.id/vtour/

Pengunjung bisa melihat 224 koleksi benda peninggalan Pahlawan Emansipasi Nasional cukup melalui handphone. Seperti meja rias, tempat merawat bayi, ranjang kayu, baju adat Jawa , mesin jahit, foto- foto kenangan RA. Kartini dan keluarga serta masih banyak lagi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Mutaqin melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Sulistiyowati mengatakan tujuan dari dibuatnya virtual tour 360° untuk menggencarkan promosi Museum RA. Kartini di dunia maya atau online , sehingga semakin dikenal oleh masyarakat luar.

Melalui virtual tour tersebut, pemakai gadget bisa melihat secara 360° semua sudut dan koleksi museum RA Kartini. Harapnya bisa menjadi pemicu ketertarikan orang untuk datang langsung ke museum RA Kartini.

“Melalui virtual tour ini tujuan juga untuk menarik calon wisatawan agar berkunjung langsung. Dengan datang langsung, waktunya wisatawan bisa foto eksis untuk diposting ke media sosial masing- masing, ” ujarnya.

Virtual Tour RA. Kartini ini bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Untuk jam buka museum RA Kartini bagi yang ingin datang langsung dibuka mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB, khusus hari Jum’at buka 08.00-11.00 WIB.

Melalui virtual tour di laman https://museumkartinirembang.id/vtour/ , pengunjung via online juga bisa melihat benda koleksi sekaligus deskripsinya. Misalnya bothekan tempat ramuan atau jamu milik RA. Kartini yang berbentuk piramida 5 susun, ketika foto bothekan tersebut di klik maka akan keluar deskripsi atau sejarahnya.

Sulistiyowati menuturkan bahwa pembuatan virtual tour 360° baru di museum RA. Kartini. Namun ke depan bisa saja merambah ke destinasi lainnya.

“Kalau di Rembang baru museum RA. Kartini yang dibuat virtual tour 360°, lainnya mungkin menyusul,” Pungkasnya.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…