REMBANG – Pada tahun 2023 nanti, Pemerintah Kabupaten Rembang, memiliki rencana membangun gapura batas wilayah baru. Untuk ini pemerintah daerah sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp. 1 miliar.

Anggaran tersebut bersumber dari dana sosial perusahaan atau CSR. Gapura batas kabupaten yang baru tersebut akan di bangun di wilayah Kecamatan Kaliori. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Pati.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTaru) Kabupaten Rembang, Gantiarto mengatakan pembangunan ini merupakan pembangunan gapura baru, bukan renovasi gapura yang sudah ada.

Untuk titik lokasi yang menjadi pilihan gapura baru ialah sekitar kantor Kecamatan Kaliori. Untuk gapura batas kota yang ada saat ini berlokasi di wilayah Desa Banyudono, Kecamatan Kaliori tersebut rencananya akan tetap dibiarkan berdiri.

“Kita bangun di Kaliori, jadi di sekitar kecamatan. Pembangunan baru bukan renovasi. Kalau gapura lama rencananya tetap dibiarkan,” katanya.

Selain pembangunan gapura, tahun depan Pemkab juga akan menggelontorkan anggaran untuk mempercantik Alun-alun Kota Rembang. Dengan anggaran sekitar Rp. 7 miliar.

“Nah kalau Alun-alun itu kemungkinan semoga lelangnya bisa awal tahun,” tambahnya.

Gantiarto menyebut pihaknya telah merancang desain untuk gapura tersebut. Nantinya, pembangunan akan dianggarkan melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dengan anggaran sekitar Rp 1 miliar.

“Ini ada gambarnya. Modelnya bukan melengkung, (ada bangunan) kanan kiri. Ada layarnya menggambarkan pantai. Kurang lebih desain yang modern,” ujarnya.

Dia juga berharap peran serta masyarakat untuk menjaga dan merawat aset daerah sangat diperlukan. Seperti menyiram dan merawat tanaman yang ditanam pemerintah yang lokasinya dekat dengan rumah warga. (Asmui/Msd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

SMK dan Ponpes Arrohmaniyah milik Bupati Rembang, dilaunching

  Di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, kini telah berdiri Sekolah Boarding School…

Gelombang Tinggi, Nelayan Pulang Dengan Tangan Hampa

REMBANG – Tingginya gelombang laut di pesisir utara Kabupaten Rembang membuat nelayan…

Pemkab siapkan perda SMP SMA bisa baca Quran

  PAMOTAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, saat ini, telah menyiapkan Rancangan…

Cegah Anak Putus Sekolah, Baznas Punya Program Santunan Cerdas

REMBANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rembang memiliki program unggulan…