Pemerintah Kabupaten Rembang, menyerahkan ratusan bantuan Alat Mesin Pertanian kepada petani. Penyerahan bantuan dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, Hari Selasa (26/4).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto mengatakant pemberian bantuan alsintan untuk mempercepat pengolahan tanah dan proses panen, menghemat biaya produksi dan biaya panen serta dapat mengolah tanah dan panen secara serempak.

Peranan alsintan sangat penting untuk mendukung kenaikan produksi pangan di Kabupaten Rembang, karena kemampuan alsintan pengolah tanah secara serempak untuk mendukung gerakan tanam pada musim yang semakin sulit diprediksi,” tambahnya.

Agus Iwan menambahkan jumlah alsintan yang diadakan pada tahun anggaran 2022 yaitu 116 unit traktor roda 2, 24 unit cultivator, 13 unit pompa air, 6 unit kendaraan roda 3 dan 4 unit perontok padi.

Agus Iwan menyebutkan jumlah bantuan alsintan yang sudah diberikan kepada kelompok tani yaitu 34 unit traktor roda 4, 2.245 unit traktor roda 2, 367 unit pompa air, 124 unit pemipil jagung dan 276 unit perontok padi.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz menjelaskan dengan pemberian bantuan ini, pemerintah berharap dapat meningkatkan kesejahteraan petani yang saat ini dalam konsisi serba sulit.

Kalau hasilnya produk petani mahal, pembeli marah-marah. Tetapi kalau produk petani dibeli dengan harga murah akan tidak mampu berjalan,” imbuhnya.

Bupati menambahkan pemerintah tidak memungut biaya apapun dalam pemberian bantuan alsintan ini, sehingga kelompok tani diharapkan dapat mengelola bantuan alsintan dengan baik. Bupati juga berpesan agar bantuan jangan sampai dimonopoli oleh ketua kelompok tani.
(Dari Rembang Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…