Pemkab pastikan Harga Kebutuhan Pokok pada lebaran terjangkau

SEDAN – Pemerintah Kabupaten Rembang pastikan harga kebutuhan pokok jelang lebaran dan pasca lebaran terjangkau bagi masyarakat. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto, saat kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan, di Pendapa Kecamatan Sedan, Senin (26/2).

Kepala Dintanpan Rembang mengatakan terjangkaunya kebutuhan pokok masyarakat itu karena sebentar lagi para petani di kota garan sedang panen raya padi.

“Kita nanti ada panen raya di Bulan Maret – April. Insya Allah Rembang sudah mulai panen raya,” imbuhnya.

Ia menjelaskan angka sektor pertanian pada proporsi PDRB berada di angka 23% terhimpit oleh Industri olahan, bukan berarti produksi pertanian menurun. Namun pertumbuhan sektor lain yang tumbuhnya terlalu tinggi dan cepat.

Agus Iwan menerangkan berdasarkan data statistik Nilai Tukar Petani menjadi tertinggi karena berada di angka 118.

“Bisa dikatakan ini sangat tertinggi. Artinya sangat surplus. Biasanya di angka 103 – 105. Bisa jadi ini didukung harga panen padi relatif tinggi. Bahkan jagung dan tembakau juga relatif bagus,” ujarnya.

Berdasarkan data di Dintanpan, Panen Padi di Kecamatan Sale ketika dicek harga gabah kering Rp 6.500 untuk yang diblower Rp 6.700. Kemarin sempat tembus Rp 7.000 hingga 8.000.

Sementara harga berasnya Rp 12.000 hingga Rp 13.000.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *