Bertempat di Aula Kantor Bupati Rembang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, hari Rabu (17/5), menjalin kerja sama dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Rembang. Kerja sama dalam penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha itu tertuang di nomor 420/2656/2023 dan nomor MoU-01/M.3.21/Gs/05/2023.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengatakan MoU ini sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah dan Instruksi Presiden. Dimana pemerintah daerah dan kejaksaan maupun kepolisian agar ada kerja sama yang baik saling mengingatkan dan saling menghargai.

“Ini disampaikan oleh Bapak Presiden, di hadapan Kejaksaan Agung, Kapolri, Panglima TNI, Ketua DPR, serta Gubernur, Bupati, Kapolres, Kejari, Kejaksaan Tinggi seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Bupati mengharapkan dengan adanya MoU ini, ada sinkronisasi dan pemahaman yang sama baik kapasitas sebagai pemerintah daerah maupun kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan kepala desa agar dalam menjalankan atau mengoperasikan lembaga yang dibiayai oleh pemerintah atau yang lain, sesuai dengan peraturan yang ada.

Hafidz meminta dengan adanya MoU itu agar kepala OPD jangan berbuat seenaknya sendiri. Karena merasa dilindungi oleh MoU itu. Namun dengan adanya MoU itu, supaya Kejari bisa mendampingi dan memberi masukan kepada OPD yang ragu-ragu.

Kepala Kejari Rembang, Muhamat Fahrorozi menuturkan dengan adanya MoU pihaknya akan siap mendampingi dan memberikan arahan kepada pemerintah daerah.

“Ini merumuskan MoU terdahulu, banyak kegiatan-kegiatan pemerintah daerah yang perlu kami dampingi dan perlu kami kasih arahan. Membantu dalam arti jangan sampai ada perbuatan-perbuatan yang mungkin mereka ragu,” ujarnya.

Pria yang biasa disapa Ozzi ini mengakui MoU kali ini lebih luas. Karena sebelumnya hanya bidang perdata dan tata usaha negara dengan OPD tertentu. Misalnya, bidang perdata membantu penagihan yang dilakukan Rumah Sakit.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…