Pada tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Rembang, akan kembali menggelar lomba Kreasi dan Inovasi (Krenova). Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang, Dwi Wahyuni Hariyati, dalam sosialisasi inovasi daerah, di Ruang Sekretaris Daerah Gedung Bupati Rembang, hari Senin (14/3).

Dwi Wahyuni mengatakan diselenggarakannya lomba krenova untuk peningkatan kinerja tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik serta peningkatan kreatifitas masyarakat demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kabupaten Rembang.

Di akhir acara, akan mendapatkan penghargaan dari Bapak Bupati Rembang,” Imbuhnya.

Dwi Wahyuni menjelaskan dasar hukum digelarnya lomba krenova adalah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 386 yang menamanatkan dalam rangka peningkatan kinerja pemerintahan daerah, pemda dapat melakukan inovasi.

Dwi Wahyuni menyebutkan lomba Krenova selalu diadakan setiap tahun. Pada tahun 2019, diikuti sebanyak 24 peserta dengan rincian 10 peserta umum dan 14 peserta pelajar. Sedangkan pada tahun 2020 diikuti 25 peserta dengan rincian 10 peserta umum dan 15 peserta pelajar. Sementara pada tahun 2021 diikuti 25 peserta dengan rincian 12 peserta umum, 7 peserta pelajar dan 6 peserta penjaringan inovasi.

Keikutsertaan Kabupaten Rembang dalam inovasi daerah di tingkat provinsi Jawa Tengah menurut Dwi Wahyuni mendapatkan juara 2 kategori enabling enveromental tahun 2018, juara 3 kategori enabling enveromental tahun 2019, juara 2 kategori pasar tahun 2020 dan juara 3 kategori enabling enveromental tahun 2021.

Sementara itu Sekretaris Daerah Rembang, Fachrudin menuturkan Pemkab Rembang akan menggencarkan inovasi daerah. Lantaran inovasi sangat dibutuhkan untuk mempermudah penyelesaian persoalan yang ada di masyarakat.

Acara ini juga diselenggarakan secara virtual meeting dengan Kepala Pusat Penelitian dan pengembangan inovasi daerah Kementerian Dalam Negeri, Matheos Tan dan Pengampu krenova dan penjaringan masyarakat provinsi Jawa Tengah, Ameliasari Budiprahara.(Dari Rembang Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…