Di tahun 2022 ini, Kecamatan Sumber, akan menjadi sasaran pagelaran budaya oleh Pemerintah Kabupaten Rembang. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Rembang, Agung Ratih Kusuma Wardani dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan, di Pendapa Kecamatan Sumber baru-baru ini.

Agung Ratih mengatakan pagelaran seni budaya yang pertama nantinya digelar berupa pagelaran seni tradisional yang menurut rencana dilaksanakan pada bulan Juni.

Saat ini Covid-nya kan agak-agak naik. Ngeri. Semoga nanti sudah lari,” ujarnya.

Agung Ratih menambahkan kegiatan pagelaran budaya yang kedua yaitu gelar seni budaya yang akan dilaksanakan di Bulan Juli.

Agung Ratih mengharapkan dengan adanya pagelaran budaya, supaya Dinbudpar Kabupaten Rembang ikut melestarikan budaya di Kecamatan Sumber dan menghidupkan kelompok kesenian yang hampir punah di kecamatan tersebut.

Agung Ratih menyadari untuk melestarikan (nguri-uri) kesenian dan budaya Jawa, butuh modal (jer basuki mawa beya). Sehingga Dinbudpar Kabupaten Rembang, mendorong pengembangannya, apabila sudah ada gamelan dan kelompok pelestari kesenian dan kebudayaan, dinas akan mempromosikannya lewat kegiatan, supaya kesenian dan budaya yang ada dikenal masyarakat.

Sebelumnya, Kepala Desa Krikilan, Sukirno meminta kepada kepala desa yang lain apabila virus Covid mereda, supaya membeli seperangkat alat gamelan perunggu. Sebagai bentuk menguri-uri budaya Jawa yang hampir punah.

Sukirno menerangkan dulunya di setiap desa di Sumber, mempunyai kelompok karawitan. Selain itu di Desa Sukorejo, Tlogotunggal, Grawan, Bogorejo dan Desa Sekarsari.(Dari Sumber Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…