Ivan Kurniawan, tidak menyangka jika keisengannya memelihara gecko berbuah manis. Laki-laki usia 22 tahun itu, awalnya hanya memiliki satu gecko berjenis Macksnow pemberian dari salah seorang kerabatnya.

Namun kini memiliki ratusan gecko dari berbagai spesies. Koleksinya pun diminati pecinta gecko dari berbagai daerah.

Deretan gecko mulai dari indukan dan yang masih bayi berderet di ruangan samping rumahnya di Desa Sumberjo Kecamatan Rembang.

Bermula dari rasa iseng, awal 2014 lalu Ivan menambah peliharaannya dengan membeli sepasang gecko jenis Tangerine ditemannya, dengan harga yang betina Rp. 450 ribu dan jantan Rp. 600 ribu. Seiring berjalannya waktu, akhirnya berkembang biak.

Dia mengaku untuk belajar cara mengembangbiakan gecko dilakukannya secara otodidak. Pasalnya pada tahun 2014 tidak banyak orang yang bisa berbagi ilmu melalui media sosial seperti sekarang ini.

“Saya waktu itu otodidak, di internet belum terlalu banyak. Saya coba sendiri, dengan modal terbatas karena saya masih SMA waktu itu gagal sampai 25 butir telur gagal menetas. Setelah menetas itu pun mati, setelah gagal-gagal itu kemudian berhasil sampai sebanyak ini sekarang,” kata dia.

Kini koleksinya mencapai 300 ekor lebih gecko dengan berbagai spesies. Ada yang berjenis Black Night, Lemon Frost, Sunglow, Diablo Blanco, SHTCT, Lavender, Macksnow, Raptor dan masih banyak lagi.

Selain mengoleksi, ia juga menjual gecko hasil ternakannya. Bahkan ada beberapa gecko yang mendapat juara dalam perlombaan yang digelar dibeberapa daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Solois Rembang, Bare Lepas Single Kedua “Out of You”

Penyanyi solo (solois) asal Rembang, Bare melepas single kedua “Out of You”,…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Radio CBFM Luncurkan 9 Program Siar Kekinian

Radio Citra Bahari FM (CBFM) Rembang mulai bergerak menyasar pendengar kaum pemuda…

Barongsai dan Leang Leong Meriahkan Malam Tahun Baru Imlek

Pergantian tahun baru China ( Imlek ) 2573 di klenteng Cu An…