Untuk  meningkatkan jangkauan pemasaran produk UMKM, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Rembang memberikan pelatihan digital market kepada para pelaku UMKM, Rabu (2/2). Kegiatan yang dilaksanakan di aula Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM tersebut bekerjasama dengan pengusaha muda sukses dalam bisnis online asal Kecamatan Sedan sebagai pemateri.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Rembang, Mochamad Mahfudz menyampaikan pelatihan tersebut diberikan agar dapat menambah kemampuan para pelaku UMKM untuk memanfaatkan pasar digital. Terlebih mereka juga bisa melebarkan pemasarannya sampai keseluruh nusantara.

“Mereka agar mempunyai kemampuan untuk memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk-produk mereka melalui aplikasi seperti shopee, tokopedia, lazada dan lain sebagainya,” terangnya.

Dirinya menerangkan, pelatihan tersebut merupakan kali kedua yang diberikan kepada para pelaku UMKM. Rencananya pelatihan seperti itu akan digelar dua Minggu sekali. Agar semua pelaku UMKM memiliki ilmu pemasaran secara online.

Sementara itu, pengusaha muda sukses dalam bisnis online asal Kecamatan Sedan yang menjadi pemateri, Fadli Irfan mengatakan dirinya secara sukarela memberikan ilmu dan tips jitu miliknya dalam berbisnis online. Dengan alasan, kejadian pahit yang dialaminya dahulu saat merintis usaha tidak terjadi pada para pelaku UMKM.

“Dulu saya pernah mencari mentor itu sulit sekali di Rembang, ada pun itu berbayar. Dan saya tidak mau ada lagi kejadian seperti itu,” ujarnya.

Dirinya membeberkan, masalah yang paling mendasar dari para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis secara online adalah tidak adanya admin atau karyawan yang khusus mengurusi di bagian pemasaran online. Menurutnya, admin atau karyawan wajib dimiliki jika ingin mengembangkan bisnis secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…