Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, hari Jum’at (27/5), menginisiasi bersih-bersih pantai di wilayah Kecamatan Sarang mulai dari pesisir Desa Karangmangu sampai Desa Sarangmeduro. Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Rembang, Mochammad Hanies Cholil Barro’ beserta wakil ketua tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Rembang, Halimatus Sa’diyah itu melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial PPKB, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Satuan Polisi Pamong Praja.

Kegiatan bersih-bersih pantai pasca rob juga melibatkan TNI / Polri, kiai, santri, tokoh masyarakat, pelajar dan sukarelawan.

Dilaksanakan bersih-bersih karena banjir rob selain merusak bangunan dan menenggelamkan perahu, juga menyisakan banyaknya sampah, terutama plastik.

Wakil Bupati Rembang, M. Hanies Cholil Barro, kepada wartawan, di sekitar TPI Sarang, Desa Sarangmeduro mengapresiasi semangat masyarakat dan para relawan. Ia turut mengajak agar kedepan warga lebih tertib membuang sampah.

“Luar biasa antusiasnya untuk membersihkan sampah akibat dari rob. Kami berpesan untuk selalu menjaga kebersihan, “ Imbuhnya.

Gus Hanies mengungkapkan terkait keluhan tanggul penahan gelombang, Gus Hanies berjanji akan mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Kami do’akan semoga peristiwa semacam ini tidak terjadi lagi. Soal break water, nanti akan kita usulkan ke tingkat provinsi atau pusat, “ Tuturnya.

Gus Hanies menyempatkan waktu berdiskusi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat. Tampak hadir pula salah satu putera ulama Alm. KH Maimoen Zubair, Gus Idroer Maimoen, pengasuh pondok pesantren Al-Anwar Sarang.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati juga menyerahkan bantuan bahan makanan ke pihak desa, untuk diteruskan kepada masyarakat terdampak ombak rob.(Dari Sarang Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…