REMBANG – Untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka, setelah lama menjalani sistem pembelajaran jarak jauh melalui jaringan internet para siswa sudah mulai melekukan aktifitas pembelajaran tatap muka di sekolah.

Namun menurut sejumlah pihak ada tantangan bagi siswa untuk kembali belajar di sekolah, setelah dua tahun lamanya mereka belajar di rumah masing-masing.

Seperti yang disampaikan oleh Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah belum lama ini. Salah satunya dari anggota Komisi D Kartina Sukawati.

Ia menyebut jika anak-anak harus kembali menyesuaikan diri untuk menjalani belajar tatap muka, karena setelah dua tahun lamanya mereka harus bersekolah dari rumah akibat pandemi Covid-19.

“Karena secara psikis anak kita sudah terbiasa belajar di rumah. Sekarang sudah offline sekarang sudah mulai beraktifitas kalau badannya terasa sakit ini sudah biasa. Karena mereka kembali menyesuaikan untuk kembali belajar tatap muka,” jelasnya.

Selain itu, para guru harus mempersiapkan cara memulihkan penurunan kemampuan siswa pada masa pandemi. Sejumlah simulasi menunjukkan, terhentinya kegiatan belajar reguler akibat pandemi Covid-19 dapat menyebabkan penurunan kemampuan siswa yang lebih besar dibandingkan penurunan kemampuan siswa akibat libur sekolah.

Dampak dari penurunan kemampuan siswa ini sangat besar, bersifat permanen, dan bisa memengaruhi mereka saat dewasa kelak. Selanjutnya, ketika siswa mulai masuk sekolah kembali, sekolah perlu segera melakukan asesmen pembelajaran pada semua siswanya untuk melihat titik awal kemampuan siswa setelah berbulan-bulan menjalani pembelajaran yang minimal dan tidak teratur. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Bulu Tangkis, awali Pekan Madaris Madrasah diniyah seKaliori dan Batangan

  KALIORI – Majelis Wakil Cabang (MWC) Rabithah Ma’ahid al Islamiyah (RMI)…

Jenazah Bocah 12 Tahun yang Tenggelam di Sarang Ditemukan

SARANG – Jenazah Jauhari Ghoni (12), santri Ponpes Al-Anwar 2 Sarang, asal…

Ribuan Orang Ikuti Senam Zumba Kenakan Batik Lasem

REMBANG – Melakukan gerakan tarian zumba bukanlah urusan teknik gerakan, tetapi dilakukan…

Main di Pantai Bocah 12 Tahun diduga Terseret Ombak

Basarnas bersama relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang melakukan…