REMBANG – Komunitas pecinta keris Panji Sumirang siap meramaikan peringatan hari Jadi ke-281 Kabupaten Rembang. Mereka akan menggelar pameran pusaka Tosan Aji tahun 2022.

Ketua paguyuban pecinta keris yang tergabung dalam komunitas Panji Sumirang Idris Hadi Kuncoro mengaku menyambut baik akan diselenggarakannya pemeran benda seni dan bernilai sejarah itu.

Ia memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Rembang yang sudah mengagendakan pameran komunitas keris untuk yang pertama kalinya berlangsung di Rembang.

“Tanggapan kami sangat baik mas. Ini sebagai wujud pelestarian budaya jawa,” jelasnya.

Lebih rinci ia mengatakan, jumlah keris yang akan dipamerkan kemungkinan lebih dari 200 bilah keris. Mereka merupakan kolektor keris dari sejumlah kota di Jawa Tengah.

Ia menyebut ada dua katagori jenis pameran yang akan di selenggarakan oleh Panji Sumirang yaitu pameran benda antik dan bursa jual beli keris.

Bursa jual beli keris dimana pengunjung dapat membeli keris yang ia suka. Namun untuk pameran pengunjung hanya dapat menyaksikan keris-keris khusus yang memiliki nilai sejarah dan keistiwewaan.

“Untuk jumlah kerisnya kemungkinan ada 200an. kedua bursa keris, dimana pengunjung seneng itu dapat memberikan mahar,” pungkasnya.

Selama ini baru ada tiga komunitas yang siap memamerkan koleksinya untuk memperingati hari jadike-281 Rembang. Sedangkan untuk bursa keris sudah ada kolektor benda antik dari Pati dan Blora siap menerima tawaran mahar dari para pengunjung pameran.

Pihak Panji Sumirang berharap pameran keris dapat berlangsung selama tiga hari. Yakni hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu di Pendapa Kompleks Museum Kartini Rembang. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Tahun 2023 Ini Program Transmigrasi Masih Terbuka

Program pemerataan penduduk transmigrasi masih membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menjadi…

SMK dan Ponpes Arrohmaniyah milik Bupati Rembang, dilaunching

  Di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan, kini telah berdiri Sekolah Boarding School…

Gelombang Tinggi, Nelayan Pulang Dengan Tangan Hampa

REMBANG – Tingginya gelombang laut di pesisir utara Kabupaten Rembang membuat nelayan…

Pemkab siapkan perda SMP SMA bisa baca Quran

  PAMOTAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, saat ini, telah menyiapkan Rancangan…