Pajak Pelabuhan Terminal Sluke Capai Rp. 5 Miliar

Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) Pelabuhan Rembang Terminal Sluke Mengalami peningkatan. Tahun 2021 kemarin, terkumpul sekitar Rp. 5 Miliar lebih.

Kepala Kantor Unit Pengelola Pelabuhan (KUPP) Kelas III Rembang Ansori menyampaikan jika dibandingkan tahun 2020, total pendapatan tahun 2021 meningkat hampir 50 persen. Pada 2020, PNBP Pelabuhan Rembang Terminal Sluke berada diangka Rp. 3,25 Miliar.

“Meski pandemi seperti ini, pendapatan tetap mengalami kenaikan yang luar biasa,” kata dia.

Menurutnya, hal tersebut karena faktor geografis pelabuhan Rembang yang cukup strategis. Yakni keberadaan infrastruktur pendukung, dekat dengan jalan raya dan jauh dari pemukiman.

Selain itu perairan di pelabuhan Rembang Terminal Sluke juga memiliki kedalaman 6 meter. Sehingga kapal yang berrsandar tidak khawatirr jika kapalnya kandas.

“Apalagi nanti dibuat pemecah gelombang yang dibuat semacam dermaga lagi. Ada reklamasi menjorok ke laut atau breakwater. Nanti break water difungsikan untuk dermaga juga,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, konsep tersebut sudah dimasukan dalam Rencana Induk Pelabuhan (RIP) tahun 2027. Yang mengharuskan fasilitas pelabuhan lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *