KALIORI – Di hari jadi ke-281 Kabupaten Rembang dan Hari Sungai Nasional 2022, pegiat kali dari 9 Daerah Aliran Sungai (DAS) di wilayah Kabupaten Rembang, hari Rabu (27/7), menggelar susur sungai. Kegiatan yang diinisiasi dari Karang Taruna Rembang beserta kampung wisata Ini Ori Desa Tambakagung, Kecamatan Kaliori itu melakukan penyusuran sungai dari Desa Tunggulsari menuju Desa Tambakagung.

Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro’ mengapresiasi kegiatan susur sungai karena menjaga kelestarian sungai dan kebersihan lingkungan hidup beserta pariwisata serta pertumbuhan ekonomi utamanya Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

“Ini kegiatan yang luar biasa. Tentu saja saya menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang baru pertama di Kabupaten Rembang bahkan di Jawa Tengah,” Imbuhnya.

Gus Wabup berharap kepada karang taruna beserta pegiat sungai untuk mengkampanyekan sungai sebagai serambi rumah. Sehingga kegiatan di Iniori itu menjadi awal yang baik terhadap kesadaran masyarakat di daerah dekat aliran sungai untuk menjaga keindahan dan kebersihan sungai.

Menanggapi hal itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rembang, Slamet Haryanto pihaknya mengaku siap mensukseskan program Sungai sebagai serambi rumah kita. Pasalnya, di desa sudah dicanangkan SDG’s. (pembangunan berkelanjutan). Salah satu targetnya penyelamatan lingkungan darat berupa pengelolaan sampah.

“Apabila DAS tanpa sampah bisa dikembangkan maka akan bisa menjadi sumber daya yang menghasilkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.” Tuturnya.

Sementara Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Agung Ratih Kusuma Wardani menyampaikan sebelum adanya pembukaan destinasi wisata, pihaknya selalu mensosialisasikan kepada pengelola dan masyarakat untuk mengelola sampah sehingga tempat wisata tersebut tidak membuang sampah sembarangan yang berakibat pencemaran lingkungan bahkan pencemaran sungai.

Selain susur sungai, dalam kegiatan estival kali 9 juga diisi penanaman mangrove di kanan kiri sungai, grebeg uwuh wisata petik sampah dan pentas Laesan.(Masudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…