Sedimentasi di sungai Babagan di Kecamatan Lasem menjadi masalah yang perlu ditangani. Pasalnya banyak nelayan khususnya di Desa Dasun yang kesulitan ketika perahunya hendak sandar melintasi sungai sungai tersebut.

Kepala Desa Dasun, Sujarwo mengungkapkan, selama ini di muara sungai babagan belum pernah sama sekali dilakukan pengerukan. Sehingga banyaknya sedimentasi di sungai tersebut menimbulkan pendangkalan.

Akibatnya, lanjut Sujarwo, ketika air sungai sedang surut masyarakat nelayan di sepanjang sungai tersebut harus menyandarkan perahunya di wilayah pulau gosong pada dini hari. Karena jika tidak demikian, perahu nelayan tidak dapat melintas untuk pergi melaut.

“kalau saat seperti ini belum ada banjir besar, masyarakat nelayan Dasun maupun Tasiksono, Gedongmulyo atau Layur itu keluarnya harus jam 1-2 malam. Itu parkir dulu di pulau gosong, nanti habis subuh harus bekerja. Kelaur masuknya kasihan sekali,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz menyampaikan, masalah sedimentasi di sungai babagan sebenarnya sudah sering diusulkan kepada pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Namun realitanya hingga saat ini masih belum ada kejelasan.

Untuk menanggapi serius permasalahan tersebut, Bupati Hafidz meminta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rembang untuk membuat perencanaan secara utuh mulai dari hulu sampai hilir.

Sehingga, lanjut Bupati Hafidz, ada kepastian jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk normalisasi sungai babagan dari hulu hingga hilir. Selain itu juga untuk memastikan penanganannya dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi, atau pemerintah daerah.

“Ini akan kita pastikan, perencanaan dari hulu hingga hilir. Kemudian sumber pembiayaan dari mana, akan kita pastikan untuk tahun 2023,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…