Dusun Sekararum Desa Sekarsari Kecamatan Sumber memiliki cara unik untuk menggelar acara sedekah bumi. Umumnya sedekah bumi hanya berlangsung selama sehari dengan pertunjukan hiburan dari seniman. Namun di Dusun tersebut acara kesenian berlangsung selama 11 hari.

Tradisi tahunan sedekah bumi yang dikemas dalam Festival Nginguk Githok 2022 resmi dibuka pada 25 Juni 2022 di Lapangan Sekararum. Seremoni pembukaan menampilkan kesenian rakyat barongan, tari orek-orek, bambangan cakil, perkusi bambu, band dan keroncong.

Menurut Ketua Panitia Nginguk Githok Fest 2022, Lulu Sholichin, pada perhelatan kali ini,  mengangkat tema Sri Rejeki. Nginguk Githok tahun ini berusaha mengelaborasi gagasan bagaimana kehidupan ditunjang dari aktivitas perekonomian sehari-hari dari cara-cara yang konkret hingga yang gaib.

“Sri Rejeki dipilih sebagai judul sebagai representasi spirit mendatangkan rejeki dari dan untuk kampung,” kata dia.

Nginguk Githok, lanjut dia, merupakan upaya merekontekstuaisasi tradisi tahunan sedekah bumi di Dusun Sekararum. Acara ini diinisiasi oleh SKRM Squad dan Kolektif Hysteria sejak 2018 dengan menggarap isu budaya di kampung.

Selanjutnya pada tahun 2019 mengambil tema memutar giling atau memanggil balik warga kampung untuk pulang. Setelah itu acara ini absen Ketika pandemi covid-19 melanda Rembang.

“Tahun 2022 Nginguk Githok mengolaborasi aneka ragam cara warga memenuhi kebutuhan pangannya,” imbuhnya

Nginguk Githok Fest 2022 menampilkan lebih dari 30 seniman dari enam kota di Indonesia. Mereka akan berkolaborasi dalam bentuk  pertunjukan, screening film, forum, workshop, musik dan pameran di acara yang digelar selama 11 hari di enam venue.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo Sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…