REMBANG – Dewan Pendidikan Kabupaten Rembang, menyoroti adanya permasalahan pendidikan di Kabupaten Rembang. Hal itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Rembang, Ahmad Cholid Suyono, dalam kegiatan

Cholid Suyono mengatakan permasalahan pendidikan itu dipicu belum adanya anak didik belum memiliki nilai-nilai ideologi pancasila yang pas.

“Di Rembang, ditemukan oleh Satpol PP, prostitusi anak di bawah umur, di sebuah warung. Seorang dewasa dengan perempuan di bawah umur. Ini memprihatinkan. Di Pancur, terjadi gesekan anak SMP 1 dengan SMP 2, terjadi pertengkaran pada peringatan hari kemerdekaan. Sampai terbawa di kepolisian. Berkat kepala dinas, kasusnya tidak jadi dilanjut di persidangan,” terangnya.

Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Rembang itu berharap kepada pendidik untuk menanamkan ideologi pancasila salah satunya menghormati terhadap sesama. Sehingga anak tidak dituntut kompetensi dan Sumber Daya Manusia yang positif saja namun ditunjang dengan pemahaman ideologi pancasila.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah raga (Dindikpora) Kabupaten Rembang, Sutrisno mengungkapkan untuk melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka diperlukan 2 hal pokok yang harus dilakukan.

“Pertama pemanfaatan platform merdeka mengajar. Itu ada urut-urutannya, ada modulnya dan harus anda perintahkan ke para guru. Kedua anda harus menggunakan raport pendidikan. Untuk mawas diri, bersahaja dan juga untuk membuat program,” bebernya.

Asisten Administrasi Umum Setda Rembang, Waluyo mengajak kepada pendidik dan siswa untuk belajar secara merdeka, memberikan kurikulum secara merdeka sehingga bisa diserap siswa dengan pemikiran independen.

“Harapannya bisa membantu pemerintah daerah agar bisa membangun Rembang di bidang pendidikan,” harapnya.

Pentingnya kurikulum merdeka menurut Waluyo sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam penanaman ideologi pancasila pendidik dan siswa harus merdeka dulu terutama merdeka di bidang pendidikan.(Masudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…