Mengenal Pohon Tangkil, Banyak Diburu Orang

Di Kabupaten Rembang ternyata terdapat sebuah pohon yang konon memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Seperti asam lambung, kolesterol, dan diabetes.

Pohon ini berciri batangnya besar seperti pohon jati dan akarnya panjang hingga ke permukaan. Akar pohon ini jika dipotong dapat mengeluarkan air dan dapat langsung diminum.

Kepala Desa Pasedan, Kecamatan Bulu Kusman mengatakan, pohon terbut tumbuh liar di hutan wilayah Perhutani. Namun mengenai khasiat air yang keluar dari akar memiliki kasiat medis, masih dalam tahap pengujian oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang.

Ia tidak menampik, belakangan ini warga setempat kebanjiran pesanan dari berbagai daerah ingin mencoba khasiat air dari pohon tangkil itu.

“Setelah viral banyak warga dari berbagai daerah pesan mas. Ini kami beberapa waktu yang lalu sudah mengajukan permintaan pengujian ke Dinas Kesehatan mengenai kasiat dari air yang keluar dari pohon ini,” kata Kusman.

Seiring banyaknya aktifitas perburuan air yang keluar dari pohon Tangkil Baladewa warga sekitar menyebutnya, Perhutani meminta kepada masyarakat untuk tidak sembarangan menebang. Jika benar memiliki kasiat tertentu, maka pohon tersebut perlu dikembangkan dan dibudidayakan agar tidak habis.

“Tapi saya tadi ditelepon dari Perhutani, yang menghimbau warga untuk tidak menebang sembarangan karena pohon ini tumbuh liar dan langka. Kalau memang punya manfaat medis perlu ditanam lagi agar tidak habis,” pungkas Kusman. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *