REMBANG – Kabupaten Rembang sudah memiliki Public Safety Center (PSC) 119 yang memberikan layanan cepat kesehatan untuk masyarakat secara gratis. Mulai dari ruang perawatan, ruang service center, hingga mobil operasional ambulance.

PSC 119 Rembang sudah beroperasi dan melayani masyarakat setempat. Terlebih peranan mereka pada saat pandemi Covid-19 lalu memang sudah tidak diragukan lagi.

Mobil operasional ambulance PSC 119 hilir mudik melakukan evakusi, ataupun mengantar pasien yang sedang sakit. Para petugasnya sigap setiap saat tanpa mengenal kata lelah.

Nah, mungkin masih banyak yang belum tahu tentang layanan PSC 119.

PSC 119 merupakan pusat komunikasi dan tim reaksi cepat pertolongan pertama pada kasus krisis kesehatan akibat bencana, kecelakaan kerja, kebakaran, dan kecelakaan lalu lintas.

Tim bekerja sama dengan tempat pelayanan kesehatan darurat yang sesuai secara bertahap, yang ada di Kabupaten Rembang. Kantor utama PSC 119 terletak di Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Jalan Kartini.

Koordinator PSC Kabupaten Rembang, Maisarotus Sa’diyah mengatakan tim PSC 119 langsung merespon 15 menit ketika ada laporan warga yang membutuhkan pertolongan.

“PSC dibagi wilayah-wilayah. Misalnya, timur pantes Lasem sampai Sarang. Bagi wilayah yang telepon wilayah yang tidak terjangkau akan di koordinasikan dengan 17 puskesmas terdekat, akan langsung kita hubungkan dengan UGD 17 Puskesmas,” jelasnya.

PSC 119 sendiri terbagi ada di dua posko. Posko satu di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang dengan wilayah kerja sepanjang pantura mulai dari Kecamatan Kaliori, Rembang dan Lasem, untuk ke selatan meliputi jalan raya Kecamatan Sulang dan Bulu. Serta jalan raya Rembang – Pamotan.

Untuk posko 2 PSC, berlokasi di eks gedung lama Puskesmas Sluke, dekat Polsek Sluke. Wilayah kerja tim ini meliputi jalan raya Lasem, Sluke, Kragan, Sedan dan Sarang.(Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Upah Pekerja di Rembang Diusulkan Naik Tahun Depan

Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Rembang sudah mengusulkan kenaikan upah…

Perempuan Cantik Sulap Kopi Menjadi Jelly

REMBANG – Umumnya kopi disajikan dalam sebuah cangkir, dan dalam keadaan hangat…

Terasa Lur sasar PT. Plan Putra Samudra

  KRAGAN – Setelah alat ukurnya dilakukan tera kini PT. Plan Putra…

Tanggulangi Dampak Inflasi, Pelaku UMKM Dibekali Pelatihan

REMBANG – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Rembang menggelar pelatihan…