Dok Pemdes Gedongmulyo, Lasem

Masjid Tiban yang terletak di Desa Gedongmulyo Kecamatan Lasem atau yang dikenal juga dengan nama masjid keramat, merupakan salah satu masjid memiliki sejarah panjang di wilayah Kecamatan Lasem.

Baik nama Masjid Tiban atau Masjid Ajaib merupakan nama-nama yang disematkan masyarakat kepada masjid ini. Tetapi pengurus masjid setempet menamai dengan Masjid Tiban Nurul Huda.

Keberadaan masjid ini menarik perhatian banyak pihak karena kaya akan sejarah yang menjadi aset kejayaan sejarah Lasem. Salah satu tokoh yang tertarik untuk kembali membangun masjid ini ialah H. Abdul Aziz (Gus Aziz) anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Saat talk show interaktif di Radio CBFM beberapa 19 Maret 2022 kemarin, Gus Aziz mengaku selama tiga tahun terakhir DPRD Jawa Tengah menyalurkan aspirasi di sekitar Kecamatan Lasem.

Salah satu aspirasi ialah pembangunan museum sejaran yang berlokasi di kompleks Masjid Jami’ Lasem.

Oleh karena dalam tiga tahun terakhir banyak menyalurkan aspirasi di sekitar Lasem untuk membangun kembali kejayaan Lasem masa lalu. Akhirnya alhamdullilah di sekitar Lasem dah terbangun kawasan Kota Pusaka Lasem, salah satunya pembangunan museum di kompleks masjid Jami’ Lasem,” katanya.

Selain itu, politisi PPP itu juga sudahberkomunikasi dengan para tokoh Desa Gedungmulyo untuk membangun Masjid Tiban.

Kami juga menata kawasan sekitar untuk menopang untuk mengembangkan potensi ekonomi asyarakat sekitar, insya allah pembangunan Lasem yang emiliki sejarah tinggi akan kita prioritaskan di pembangunan tahun berikutnya. Kita sudah sepakat dari Tim Desa Gedongmulyo yang sudah sepakat membangun Masjid Tiban. Kalau saya komitmen untuk membangun itu. Semoga tahun depan kita wujudkan. Untuk mendukung satu kesatuan menjadi kawasan yang penuh dengan nilai sejarah,” bebernya.

Disebut Masjid Tiban karena masjid tersebut tiba-tiba berdiri begitu saja. Tidak ada yang tau pasti bagaimana masjid itu dibangun. Konon juga dipercaya lebih tua, ketimbang Masjid Jami’ Lasem.

Rencananya masjid yang berlokasi di sebelah barat Kali Bagan, dengan arsitektur kuno untuk menampilkan kesan sejarahnya. (Asmui)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…