Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Rembang mengingatkan kepada pengurus organisasi masyarakat yang ada di wilayahnya untuk mengurus Surat Keterangan Terdaftar (SKT) untuk mendapatkan pelayanan dan pembinaan dari pemerintah.

Sampai dengan awal 2022 ini tercatat puluhan ormas termasuk LSM tidak ber SKT, alias masa berlaku SKT nya tidak berlaku lagi.

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan kantor Bakesbangpol Toni Suwarno mengatakan, secara administrasi mereka tercatat, namun akan mendapatkan pembatasan pelayanan dari pemerintah apabila masa berlaku SKT telah habis dan belum diperpanjang.

Ia menambahkan, idealnya setiap ormas memberikan laporan satu tahun sekali bentuk kegiatan mereka. Untuk memastikan apa yang dilakukan ormas tidak melanggar aturan.

“Kemarin ada salah satu ormas di Kecamatan Lasem, kemarin kita arahkan untuk memperpanjang. Untuk keterangan terdaftar masih ada di kami hanya saja untuk hak-hak pelayanan sementara kita batasi,” kata Toni Suwarno.

Sampai dengan saat ini jumlah organisasi yang SKT nya aktif hanya sekitar 62 organisasi kemasyarakatan saja.

Surat Keterangan terdaftar sebagai bentuk laporan kepada pemerintah yang menunjukkan ormas tersebut masih ada. Oleh karena itu ia mengajak kepada pengurus ormas yang SKT nya sudah kadaluarsa agar segera melapor untuk diperbarui. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…