Maraton setelah Wabup, giliran Bupati beri pengarahan

REMBANG – Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) pada bulan Februari 2024 memiliki tugas khusus untuk ikut mensukseskan Pemilu 2024. Selain membantu menjaga kondusifitas masyarakat juga mengemban tugas khusus pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. 

Bupati Rembang, Abdul Hafidz saat peningkatan kapasitas Satlinmas se Kecamatan Rembang, di Gedung Serba Guna Desa Kumendung, Senin (22/1) mengatakan agar Satlinmas memahami tugas pokok dan fungsinya. Satlinmas tidak boleh main hakim sendiri dan menjustifikasi seseorang itu benar dan salah.

“Tugas satlinmas ini membantu masyarakat menjaga ketertiban dan keamanan bukan mengadili lo nggeh. Masyarakat salah nanti tak jotosi gak nurut aku, ampun ngoten lo nggeh, jenengan hanya menjaga, nanti bisa melaporkan ke kepala desa selaku Kasatlinmas, mitranya jenengan TNI dan Polri. Niku carane,” imbuhnya.

Ia menjelaskan berdasarkan Permendagri Nomor 26 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum perlindungan masyarakat, anggota satlinmas juga memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam membantu pencegahan dan penanggulangan bencana, sampai dengan keamanan dalam penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu/Pilkada serta tupoksi lainnya menurut perundang-undangan.

Hafidz mengungkapkan jelang Pemilu dan Pilkada serentak 2024, peran satlinmas dibutuhkan untuk menjaga kondusifitas masyarakat. Oleh karena itu, jajaran satlinmas harus kompak dan bekerja sama, meningkatkan kesiapsiagaan dalam menjaga ketenteraman dan ketertiban umum. 

“Peningkatan kapasitas kali ini kerangkanya khusus membantu menjaga ketertiban dan keamanan di masing- masing TPS. Ini tugas utamanya, meskipun bayarannya tidak seberapa namun dengan hati yang tulus nanti bisa menjaga TPS dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi,” ungkapnya. 

Pejabat asal Pamotan itu mengingatkan pentingnya mempererat kerukunan. Pasalnya kerukunan merupakan pondasi untuk kemajuan bangsa dan negara. Dicontohkannya Uni Soviet dulunya merupakan negara adi kuasa yang kaya raya dan terkuat, namun karena tidak ada kerukunan akhirnya terpecah belah.

Sebelumnya, dalam kegiatan upacara pembukaan peningkatan kapasitas Satlinmas yang berada di Halaman Balai Desa Kumendung dilakukan oleh Wakil Bupati (Wabup) Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro’. Sementara itu Bupati Rembang, membuka peningkatan kapasitas Satlinmas di Pantai Pasir Putih, Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *