Lomba Thong-thong klek akan digelar, ini tempat dan waktunya

REMBANG – Sebagai upaya untuk melestarikan tradisi, Pemerintah Kabupaten Rembang, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar), akan melaksanakan festival lomba thong-thong klek.

Kepala Dinbudpar Rembang, Mutaqin mengatakan pelaksanaan festival lomba kegiatan di 2024 ini belum bisa mengikuti atau memenuhi permintaan dari seluruh kalangan masyarakat yang meminta kegiatan tahunan itu digelar secara keliling. Pasalnya, dilakukan secara terpusat.

“Dengan harapan tradisi musiknya tetap masih jalan. Namun untuk pertimbangan keamanan, kenyamanan dan ketertiban kami melaksanakan terpusat di Alun-alun Rembang,” imbuhnya.

Ia menjelaskan kegiatan lomba musik penggugah sahur itu menurut rencana dilaksanakan di Alun-alun Rembang, pada 7 April 2024.

Mutaqin menjelaskan dalam pentasnya para peserta menyanyikan lagu wajib berupa Ramadhan Tiba milik Opick. Ditambah menyanyikan salah satu lagu pilihan di antaranya Padang Bulan versi Habib Syech, tobat maksiat lagunya Wali, Ada anak bertanya lagunya Bimbo ditambah 2 lagunya Ning Umi Laila yaitu alamate anak sholeh dan wali songo.

“Untuk musik kita menjaga tradisionalnya. Menonjolkan ketradisionalannya dengan menggunakan alat-alat yang tradisi perkusi” ujarnya.

Mantan Camat Sarang itu menyebutkan berdasarkan data yang ada pada panitia, per Rabu, 20 Maret 2024, tercatat ada 8 pendaftar. Sedangkan pendaftaran dibuka mulai 15 sampai 22 Maret 2024 di Kantor Dinbudpar di Jalan Gatot Subroto kompleks Museum RA. Kartini. Pendaftar juga bisa mendaftar melalui nomor 085225987316 atas nama Esty.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *