Wakil Bupati Rembang Mochammad Hanies Cholil Barro’ meminta agar kopi bisa dibudidayakan di pesisir pantai. Hal itu disampaikannya dalam kegiatan pelatihan komoditas perkebunan di Aula Gedung Grha Agria Dintanpan Kabupaten Rembang, hari Kamis (17/3).

Gus Hanies demikian biasa disapa mengatakan mengingat produsen kopi jadi di Rembang sangat banyak utamanya pengusaha-pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kita cari varietas-varietas yang cocok. Paling pas dengan Rembang. Terutama yang wilayah pesisir. Dengan suhu panas“, ujar Gus Hanies.

Gus Hanies berharap dengan adanya varietas kopi yang bisa ditanan di pesisir, bisa menjadi produk unggulan bagi petani kopi di pesisir Rembang.

Gus Hanies menjelaskan tanaman kopi yang ada di kota garam lebih banyak berada di hutan. Sehingga pihaknya menginginkan ada budidaya kopi di lahan pribadi ditambah.

Menanggapi hal itu Ketua Kluster Kopi Kabupaten Magelang, Rinto menyampaikan kopi yang cocok ditanam di daerah dengan ketinggian rendah yaitu kopi nangka atau kopi liberika.

Belanda melihat daerah pesisir, rawa-rawa potensi ditanami kopi tapi menganggur. Sehingga mendatangkan kopi nangka,” Ujarnya.

Rinto mengungkapkan untuk varietas kopi yang sudah dibudidayakan di Rembang yaitu jenis robusta yang ditanam di daerah Rembang selatan.(Dari Rembang Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…