SLUKE – Ratusan peserta yang terdiri relawan, perwakilan sekolah dari SD, SMP dan MTs di Kecamatan Sluke serta SMK Kehutanan Rimba Taruna Rembang mengikuti tanam pohon di wilayah Lembah Manah, Sabana Klumpit Petak 9C RPH Kajar BKPH Gunung Lasem KPH Kebonharjo (Hutan Pangkuan Desa Sanetan Kecamatan Sluke) pada hari Sabtu dan Minggu 12 dan 13 November 2022.

Total 10.000 bibit kayu keras seperti Trembesi, Sengon, Balsa. Kemudian juga tanaman MPTS (Multi Purpose Tree Species) seperti berbagai jenis tanaman buah, pete, jengkol dan juga tanaman estetika seperti kayu putih, flamboyan, indigofera dan pucuk merah ditanam di tempat tersebut.

Salah satu aktifis lingkungan hidup Kabupaten Rembang, Ahmad Rif’an mengatakan kegiatan penghijauan yang dikemas dalam Kegiatan Rembang Nandur 2022 merupakan kegiatan rutin tahunan yang mengakomodir gerakan penghijauan yang dilakukan oleh para relawan selama ini.

Tujuan kegiatan Rembang Nandur 2022 sebagai ikhtiar mitigasi bencana hidrometeorologi di wilayah Kecamatan Sluke, baik kelebihan air saat curah hujan tinggi, maupun kekurangan air saat kemarau.

“Ini dilakukan karena bencana hidrometeorologi baik kelebihan air saat intensitas hujan yang turun dalam jangka lama terlalu tinggi mengakibatkan banjir bah dan saat kekurangan air pada saat kemarau mengakibatkan masyarakat kesulitan dalam kebutuhan air bersih sebagai penopang kehidupan sehari-hari,” jelas Rif’an.

Selain tanam pohon, pada Sabtu malam diisi sarasehan Lingkungan Hidup dengan tema “Urip Iku Nandur” berjalan gayeng dihadiri Wakil Bupati Rembang H. M. Hanies Cholil Barro’ dan narasumber Joko Santoso (Administratur / Kepala Kesatuan Pemangkuan Hutan Kebonharjo), Agung Budi Supangat (Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional).

Sedangkan Minggu pagi rombongan Forkompimda melakukan kegiatan trabas trail dari Pamotan – Nyode – Kali Tengah – Wuwur – Criwik – Kajar – Gowak – Sanetan yanh cukup panjang dan membuktikan hutan rimba 90% masih bagus.

Di lokasi penanaman Lembah Manah langsung disambut tarian tradisional setempat berupa Tari Orek Orek oleh SMP Negeri 1 Sluke dan Apel Pembukaan Rembang Nandur 2022 dipimpin oleh Danramil Sluke Kapten Eko Yuli dengan Pembina Apel Bupati Rembang H. Abdul Hafidz.(Asmui/Msd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

BPBD Tetap Siaga Meski Tak Ada Banjir, Alat Pendeteksi Cuaca Dipasang

REMBANG – Cuaca buruk memang menghantui hampir seluruh wilayah di Indonesia. Tak…

Hari Disabilitas Internasional, Bupati Ingatkan Perusahaan Harus Akomodir Penyandang Disabilitas

Hari Penyandang Cacat Internasional diperingati setiap tanggal 3 Desember. Peringatan ini bertujuan…

Pemkab revitalisasi pasar tradisional

  KRAGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, optimalisasi sarana dan prasarana perdagangan…

Kerja Cepat, BKD Rembang Proses SK CPNS Sehari

REMBANG – Pemerintah Kabupaten Rembang sudah mengambil sumpah janji Calon Pegawai Negeri…