KH. Baidlowi diusulkan jadi pahlawan nasional

REMBANG – Ulama asal Lasem, KH. Baidlowi diusulkan menjadi pahlawan nasional. Pasalnya, beliau merupakan sesepuh Rembang.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana (DinsosPPKB) Kabupaten Rembang, Prapto Raharjo mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Karang Taruna, untuk mengumpulkan data-data pendukung dari sosok KH Baidlowi. Setelah itu, diusulkan ke Gubernur Jawa Tengah dan nantinya ada kajian tim ahli.

“Pengusul mas Ahmad Rif’an selaku Ketua Karang Taruna, beliau sanggup cari autobiografi KH Baidlowi. Jadi masih proses pengumpulan data-data pendukung secara lengkap, sudah ada progres,” imbuhnya.

Sebelumnya, salah satu pengurus Karang Taruna Kabupaten Rembang, Kurnia Anita, mempertanyakan perkembangan usulan dari organisasinya yang mengusulkan gurunya ulama KH. Ahmad Musthofa Bisri menjadi pahlawan nasional. Terutama dalam pemenuhan peryaratan.

“Sudah disampaikan usulan ke Pemkab melalui Dinas Sosial, terutama dalam pemenuhan persyaratan, kegiatan seminar terkait beliau,” ujarnya.

Kurnia menjelaskan penganugerahan gelar pahlawan KH Baidlowi awalnya kepada bupati, sebagaimana aturan dari Kementerian Sosial pada awal tahun 2023.

Wanita warga Desa Krikilan Kecamatan Sumber tersebut mengungkapkan usulan itu dilatarbelakangi kondisi saat ini daerah butuh sosok keteladanan.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *