Musyafa Ketua PWI Rembang bersongkok, menerima penghargaan dari Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rembang menerima penghargaan dalam pengelolaan organisasi dari PWI Jawa Tengah. Penghargaan diberikan Ketau PWI Jawa Tengah Amir Machmud pada malam puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Pendopo Kabupaten Kendal, Sabtu malam (19/02).

Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud mendorong agar peran wartawan ditingkatkan, tidak hanya pada 4 fungsi tersebut. Namun bagaimana wartawan juga membuka akses informasi dalam membangun peradaban di daerah masing-masing, semisal pada bidang pariwisata dan ekonomi daerah.

“Saya diskusi dengan bang Attal (Ketua PWI Pusat-Red), bagaimana wartawan bisa menerapkan fungsinya lebih luas lagi, “ papar Amir.

Ketua PWI Kabupaten Rembang, Musyafa Musa menekankan ada 2 hal pokok yang menjadi fokus perhatian. Pertama, meningkatkan jenjang kompetensi wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Saat ini mayoritas anggota PWI Kabupaten Rembang sudah mengantongi kartu UKW. Bagi yang belum, kita dorong untuk ikut. Kalau sudah, mau meningkatkan jenjangnya, dari muda, madya dan utama, “ terang Musa.

Menurutnya, UKW menjadi saluran bahwa seorang wartawan diakui sudah berkompeten dan terdaftar di Dewan Pers. Wartawan bukan hanya seseorang membawa id card pers dari media saja. “Jadi nggak cukup hanya berbekal ID Card pers saja, “ imbuhnya.

Musa juga ingin PWI lebih dikenal, tak sekedar menjalankan fungsi hiburan, pendidikan, informasi dan kontrol, tetapi juga dalam berkegiatan di tengah masyarakat. Untuk itu pihaknya membuat program kerja kelas jurnalistik dan tim sepak bola.

“Makanya kita jalankan Kelas Jurnalistik hingga membentuk tim sepak bola PWI n Friends. Biar PWI menebar manfaat melalui dunia menulis dan olahraga. Kalau akhirnya dapat penghargaan, ini berkat kerja kita semua yang ada di PWI Rembang,“ tandas Musa.

Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN), turut dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Ketua PWI Pusat, dan perwakilan dewan pers.

Ganjar banyak bercerita tentang peristiwa Wadas di Kabupaten Purworejo, yang menyedot perhatian media. Ia berharap semua informasi disampaikan secara benar dan rasional. Agar masyarakat dapat menerima informasi yang sebenar benarnya. (Asmui)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…