Kepala UPT Metrologi Legal Rembang Mukaromah mengatakan, kesadaran pedagang pasar tradisional untuk terkait tera timbangan masih kurang. Hingga saat ini sosialisasi ke semua pedagang terkait pentingnya mentera terus dilakukan.

“Kami juga melakukan pendataan, untuk melihat sejauh mana pedagang mentera timbangannya. Namun, di Rembang yang baru terdata masih sedikit. Paling perusahaan swasta yang mau ada proyek pemerintah kemudian mereka butuh sertifikat tera,” ujar Mukaromah saat ditemui di kantornya baru baru ini.

Menurut Mukaromah, pengamatan ke sejumlah pasar tradisional dilakukan untuk melihat berapa banyak pedagang pasar yang rutin mentera alat timbangannya. Dari hasil pendataan tersebut,  pihaknya baru akan melakukan aksi bagaimana agar kesadaran pedagang bisa terus meningkat.

“Kami akan menjemput bola berkeliling untuk menyosiaslisasikan tera ini. Kita terus mengajak ayolah-ayolah kepada pedagang pasar tradisional dan modern,” katanya.

Dia mengatakan, untuk mengintensifkan sosialisasi, pihaknya akan mengundang asosiasi dan PD Pasar. Khusus untuk target retribusi dari tera dan tera ulang, tahun ini belum kita target kita lebih mengajak dulu.

“Kita gugah dulu temen-temen pedagang agar mereka mau untuk mengikuti uji tera, terkadang mereka banyak alasan gak punya uang lah itu lah. Padahal untuk biaya uji tera retribusinya cukup terjangkau gak mahal tergantung timbangan dan ukurannya,” pungkasnya.

Sementara menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Rembang Mahfudz, pengujian tera ini penting untuk memastikan akurasi setiap alat ukur, alat takar, dan alat timbang.  Setidaknya alat ukur itu harus diuji secara berkala setiap minimal setahun sekali.

“Setiap alat ukur harus diuji keakurasiannya. Terutama alat ukur yang digunakan untuk berusaha,” katanya. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…