Kerugian akibat banjir yang melanda di Kecamatan Sumber dan Kecamatan Kaliori, pada hari Rabu (9/3), mencapai Rp. 1 Milyar lebih. Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Rembang, Mochammad Hanies Cholil Barro’, kepada wartawan, hari Kamis (10/3).

Gus Hanies demikian biasa disapa mengatakan kerugian Rp. 1 Milyar itu berupa padi siap panen milik petani yang tenggelam oleh banjir.

Identifikasi kemarin dari lahan pertaniannya ya? Hampir Rp. 1 Milyar. Mungkin bisa lebih. Yang dari pertanian saja. Belum dari masyarakat yang melaporkan uangnya hanyut dan lain sebagainya. Kalau hewan ternak ama.,” ujar Wabup Hanies.

Gus Wabup menjelaskan penyebab banjir di Rembang barat itu akibat pendangkalan sungai yang dilalui aliran air Waduk Randugunting.

Karena sungai bersangkutan bukan wewenang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, maka pihaknya melayangkan surat kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, agar memberikan ijin untuk menormalisasi sungai tersebut.

Sedangkan tindakan reaksi cepat untuk mengatasi agar banjir yang ada tidak terulang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang beserta relawan tanggap bencana membersihkan rumpun bambu (sakdapur pring) yang hanyut hingga menyumbat jembatan seperti di Desa Wiroto, Kecamatan Kaliori.

Tindakan lainnya menurut Gus Wabup  pembenahan drainase. Karena drainase di Desa Megulung, Jadi, dan desa sekitarnya tidak bisa menampung luapan air dari sawah. Sehingga menggerus jalan ruas Landoh Sekararum.

Terkait drainase, pihaknya juga meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Rembang untuk mengecek drainase di kota yang mengakibatkan air menyeberang dari Alun-alun Kota Rembang ke terminal dan dari Kodim menyeberang ke Taman Rekreasi Pantai Kartini.(Dari Rembang Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…