Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang menghimbau kepada warga di bantaran sungai untuk selalu meningkatkan kewaspadaan jika terjadi hujan.

Himbauan tersebut disampaikan setelah terjadi banjir pada tanggal 7 Maret 2022 malam yang menggenangi 671 rumah di 4 kecamatan.

Paling banyak berada di wilayah Kecamatan Kaliori. Sedikitnya, ada 618 rumah yang tersebar di Desa Tunggulsari, Sambiyan, Sidomulyo, Wiroto, Pengkol, Dresi, dan Kuangsan. Rumah yang terendam banjir paling banyak berada di Desa Sambiyan (317 KK) dan Desa Sidomulyo (167 KK).

Sedangkan di Kecamatan Sumber, hanya Desa Kedungtulup yakni 26 kepala keluarga. Namun di Kecamatan Sumber banjir menerjang tembok sekolah SMP Negeri Sumber hingga jebol dengan panjang 20 meter. Untuk di Kecamatan Pancur ada 17 KK, dan Desa Sendangasri Kecamatan Lasem 10 KK.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Rembang Sri Jarwati mengatakan, sampai dengan bulan maret ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika meramalkan masih akan terjadi peningkatan curah hujan. Hal tersebut merata di Jawa Tengah.

Dan hari ini Kamis 10 Maret 2022 Kabupaten Rembang diramalkan oleh BMKG akan terjadi hujan sedang seperti pada tanggal 09 Maret kemarin.

“Prediksi dari BMKG Maret sebagaian wilayah Jawa Tengah ekstrem, termasuk Rembang. dan hari ini prediksi hujan dari BMKG hujan sedang. Seperti kemarin Rembang juga diprediksi hujan sedang, tetapi ternyata hujannya sedang di atas rata-rata jadi terjadi banjir lagi kemarin itu,” kata Sri Jarwati.

Wanita dengan sapaan Anjar itu memetakan, selain curah hujan masih tinggi, pendangkalan sebagian singai yang ada Kecamatan, Kaliori dan Sumber juga masuk dalam faktor terjadinya banjir dua hari kemarin. Selain BPBD bersama warga dan relawan juga sudah membersihkan sampah rumpun bambu yang menyumbat bawah jembatan di sejumlah lokasi. Diantaranya, di Desa Krikilan, dan Desa Semambung.  (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…