Kementan gelar Pasar murah di Kecamatan Rembang 

REMBANG – Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan tingkat konsumen, Kementerian Pertanian Republik Indonesia mengadakan program penyaluran bantuan subsidi pangan serentak se-Indonesia dan gerakan pangan murah se-Indonesia. Namun khusus di Rembang, yang dilaksanakan di Pendapa Kantor Kecamatan Rembang, hari Jum’at (15/3) hanya dapat bantuan subsidi pangan berupa beras, gula dan telur.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, Dyah Ajeng Trenggonowati mengatakan harga setelah subsidi Rp 12.500 per kilo, untuk gula Rp 15.000 per kilo dan telur Rp 27.000 per kilo.

“Kalau dibandingkan harga dari pasar itu lumayan jauh. Seperti gula itu di pasar masih Rp 16.500 sampai Rp 17.000. Kalau untuk telur di pasar itu Rp 31.000 sampai Rp 32.000. Kalau beras medium masih Rp 15.000-Rp 16.000” imbuhnya.

Ia menyebutkan dengan kuota beras 5 ton, 1 ton gula dan telur 500 kilo gram itu pihaknya menjual dalam bentuk paketan. Pasalnya, masyarakat ketika beli Beras Rp 62.500 per pack, gula Rp 15 000 per pack dan telur ayam Rp 27.000 per kilogram.

Ajeng menerangkan kegiatan yang dibiayai dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat  itu sebelumnya telah menyasar di 2 kecamatan yaitu Kragan dan Sedan. Bedanya di 2 kecamatan itu hanya menjual beras dan gula.

Camat Rembang, Abdur Rouf mengaku optimis kegiatan ini sukses. Karena mengingat antusiasme masyarakat yang datang berbondong-bondong untuk membeli barang yang disediakan dalam bantuan subsidi pangan.

“Antusiasnya sangat luar biasa ini. Banyak antriannya. Bahkan beras sampai habis akan terjual,” ujarnya.

Mengingat banyaknya pembeli menurut Rouf per orangnya dibatasi membeli 2 pack beras, 1 kilo gram gula dan 1 kilo gram telur.

Rouf menuturkan masyarakat yang ingin membeli ke-3 bahan pangan itu persyaratannya cukup membawa Kartu Tanda Penduduk berdomisili di Kecamatan Rembang. 

Mantan Camat Lasem ity berharap dengan adanya program pasar murahdapat membantu meringankan beban keluarga akan kebutuhan dasar pokok pangan. Sehingga kebutuhan pangan di Kecamatan Rembang akan stabil dalam menghadapi Bulan Ramadhan dan menjelang lebaran ini.(Masudi/CBFM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *