Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang, Hari Rabu (29/6), menggelar kegiatan piloting Pusat Layanan Keluarga (Pusaka) Sakinah. Kegiatan yang digelar di salah satu hotel di Rembang itu bekerjasama dengan Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Kabupaten Rembang.

Kepala Kemenag Rembang, HM. Fatah mengatakan dilibatkannya kader Fatayat dalam sosialisasi Pusaka Sakinah, agar mereka bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya membina rumah tangga. Mengingat terbatasnya Sumber Daya Manusia (SDM) di jajaran Kemenag Rembang.

“Untuk menyampaikan materi Pusaka Sakinah ini, sangat terbatas SDM kita, potensi kita, maka PC. Fatayat NU Rembang ini kita ajak bersama. Bersinergi. Agar sahabat-sahabat pengurus di PC maupun Anak Cabang bisa menularkan materi ke kader dan lingkungannya,” Imbuhnya.

Mantan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Rembang itu menyebutkan materi dalam pusaka sakinah meliputi bimbingan belajar rahasia nikah (Berkah) meliputi pengelolaan ekonomi keluarga, mengarahkan pendidikan anak, mengelola keluarga, mengelola pola hidup sehat di tengah keluarga agar terhindar dari perceraian bahkan stunting (gizi buruk).

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Blora tersebut menerangkan dalam kegiatan tersebut selain diisi Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Rembang, Ali Muchyidin juga menghadirkan psikolog.


Sosialisasi Pusaka Sakinah menurut Fatah telah disosialisasikan oleh penyuluh di masing-masing Kantor Urusan Agama yang ada di kecamatan-kecamatan.

Sementara itu Ketua PC. Fatayat Kabupaten Rembang, Raabiatul Bisyriyah mengungkapkan dirinya mengapresiasi kegiatan tersebut karena dapat menjadi bekal dalam berumah tangga.

“Ketika ada bimbingan ini, saya rasa ini sangat pas sekali. Karena ketika kita berumah tangga, banyak sekali halangan, banyak sekali rintangan. Kalau kita tidak dapatkan ilmu, tidak dapatkan bekal sebelumnya bagaimana adab berumah tangga. Kita akan sangat kesulitan jika kita sudah menikah,” Tuturnya.

Putri Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, KH. Ahmad Musthofa Bisri itu mengharapkan melalui kegiatan senada dapat terus dilakukan oleh Kemenag Rembang, sehingga dapat membantu calon pengantin ketika berumah tangga menuju sakinah sakinah mawaddah warahmah (sebagai gambaran hubungan suami istri yang dilandasi cinta dan penuh kasih sayang demi tercapainya rumah tangga yang memberikan ketentraman hidup).(Dari Rembang Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…