Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) Republik Indonesia, melalui Direktorat pelaksanaan pembiayaan infrastruktur jalan dan jembatan, Direktorat jenderal pembiayaan infrastruktur pekerjaan umum dan perumahan, hari Kamis (10/2), melaksanakan konsultasi publik rencana proyek jalan tol ruas Demak – Tuban. Kegiatan yang dilaksanakan di Pendapa Kecamatan Rembang, itu menghadirkan camat, kepala desa, ketua tim penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga kecamatan dan perwakilan warga yang terdampak.

Ketua tim lingkungan konsultan publik, Fauziyah Hernarawati mengatakan dilaksanakannya konsultasi publik sebagai bentuk untuk menginformasikan dan menyosialisasikan akan adanya proyek pembangunan tol di 47 desa di Kabupaten Rembang.

“Ini baru penyampaian informasi. Kula nuwun dulu. Bahwa nanti ada kegiatan-kegiatan rencana. Rencananya ada 3 tahapan yaitu pra konstruksi, konstruksi dan operasi,” Imbuhnya.

Fauziyah Hernarawati mengungkapkan konsultasi publik ini sebagai bagian dari beberapa studi sebelum dilakukan proyek pembangunan tol untuk mengetahui dampak sebelum dilaksanakannya pembangunan baik sosial, ekonomi, fisik kimia, kualitas udaranya dan kebisingannya.

Setelah adanya kegiatan konsultasi publik menurut Fauziyah Hernarawati nantinya akan dilanjut dengan studi terjun larap.

47 desa dari 7 kecamatan yang menurut rencana akan dilalui tol trase Demak Tuban yaitu Kecamatan Kaliori meliputi desa Banggi, Gunungsari, Kuangsan, Meteseh, Sendangagung, Sidomulyo dan Desa Wiroto. Kecamatan Pamotan meliputi desa Bangunrejo, Gegersimo, Japerejo, Kepohagung, Ketangi, Pamotan, Ringin, Samaran, Segoromulyo, Sendangagung, Sidorejo, Sumbangrejo dan Desa Tempaling.

Sementara untuk kecamatan Rembang menyasar Desa Kedungrejo, Kumendung, Sridadi dan Desa Turusgede. Kecamatan Sulang meliputi Desa Karangsari, Kebonagung, Kerep, Landoh, Pedak, Pragu dan Desa Seren. Kecamatan Sumber meliputi Desa Bogorejo, Kedungasem dan Desa Tlogotunggal.

Sedangkan Kecamatan Sedan melewati Desa Karangasem, Karas, Ngulahan, Pacing, Sedan, Sidomulyo dan Desa Sidorejo. Kecamatan Sarang meliputi Desa Bonjor, Gilis, Jambangan, Lodan Wetan, Pelang dan Desa Sampung.(Dari Rembang Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…