Pemerintah Kabupaten Rembang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Rembang terus berupaya mendorong kreativitas dan inovasi dari masyarakat melalui perlombaan. Untuk itu pada tahun 2022 ini Bappeda kembali membuka perlombaan krenova.

Kabid Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Bappeda Kabupaten Rembang, Triana Husnul Khotimah, Jumat (11/11) menyampaikan krenova merupakan perlombaan hasil kreativitas dan inovasi yang dilakukan oleh individu, kelompok dan masyarakat Kabupaten Rembang. Melalui perlombaan Krenova, masyarakat bisa unjuk gigi dengan inovasi dan kreasi yang diciptakannya.

Baik di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang meliputi 10 bidang fokus yaitu agribisnis dan ketahanan pangan, energi baru dan terbarukan, kehutanan dan lingkungan hidup, kelautan dan perikanan, kesehatan, obat-obatan dan kosmetik, pendidikan, rekayasa teknologi dan manufaktur, teknologi informasi dan komunikasi, industri kreatif dan sosial budaya.

Disebutkannya pada tahun 2022 ini per tanggal 9 November sudah ada 9 peserta dengan rincian 8 peserta dari kategori umum dan 1 peserta dari kategori pelajar. Peluang bagi pendaftar masih terbuka lebar untuk masyarakat yang ingin menampilkan kreativitas dan inovasinya dalam lomba Krenova.

“Jadi melalui lomba krenova ini pemerintah berharap dapat memunculkan ide-ide kreatif tentang 10 bidang fokus. Masyarakat Kabupaten Rembang ayo segera untuk mengikuti ajang Krenova ini,” imbuhnya.

Dijelaskannya beberapa aturan lomba krenova tahun 2022 ini berbeda dengan aturan pada tahun sebelumnya. Salah satu perbedaannya terletak pada peserta yang berdomisili Rembang namun tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Rembang bisa mengikuti lomba dengan syarat tertentu.

“Yang berdomisili Rembang tapi tidak ber-KTP Rembang bisa ikut dengan melampirkan surat keterangan domisili di Rembang yang ditandatangani oleh kepala desa setempat. Lalu untuk kategori pelajar dulu kami hanya mensosialisasikan kepada SMA atau SMK MA sederajat, tapi sekarang murid SMP bisa mengikuti. Jadi kita lebih menggali kreatifitas anak-anak pelajar,” tambahnya.

Wanita yang akrab disapa Nana itu mengungkapkan, untuk pemenang lomba Krenova tingkat kabupaten selanjutnya akan diikutkan dalam perlombaan tingkat provinsi. Selain itu pemenang lomba juga difasilitasi untuk pengajuan hak paten dari kreativitas atau inovasi yang diciptakannya.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…