Harga ikan di TPI Tasikagung Kecamatan Rembang semakin hari kian melambung. Naiknya harga ikan dipicu banyaknya kapal cantrang yang masih belum bisa melaut akibat ijin yang belum keluar.

Salah seorang pedagang ikan di TPI Tasikagung Rembang, Muntasih (45), Kamis (10/3), menyampaikan kenaikan harga ikan terjadi sejak 2 bulan terakhir. Kenaikan harga ikan rata-rata mulai dari Rp. 3 – 5 ribu per kilogram, tergantung kondisi ikan.

Dirinya mencontohkan, seperti harga ikan kakap merah dengan kualitas bagus yang semula seharga Rp 15 ribu naik menjadi Rp 20 ribu per kilogram. Ikan tongkol dari harga Rp. 25 ribu menjadi Rp. 30 ribu per kilogram dan ikan pihi dari harga Rp. 15 ribu jadi Rp. 20 ribu per kilogram.

“Harga ikan memang naik, seperti ikan pihi ini sebelumnya Rp. 15 ribu jadi Rp. 18-20 ribu per kilogram. Naiknya sudah 1-2 bulan, soalnya kebanyakan nelayan tidak melaut karena ijinnya belum clear,” ucapnya.

Naiknya harga ikan, lanjut Muntasih, tentu berpengaruh terhadap jumlah pembeli. Diakuinya semenjak harga ikan naik, pembeli jadi kurang berminat untuk berbelanja ikan.

Meski demikian Muntasih setiap hari tetap pergi ke TPI Tasikagung untuk membeli ikan dari nelayan untuk dijual kembali ke pasar. Karena menjual ikan merupakan satu-satunya pekerjaan yang bisa ia lakukan di masa pandemi covid-19 ini.

“Kalau di pasar yang beli itu mintanya murah. Karena mereka tahunya ikan sudah banyak. Kalau belinya dari nelayan sudah tinggi ya jualnya terpaksa juga tinggi,” terangnya.

Dirinya berharap, kapal cantrang bisa mendapatkan surat ijin dan kembali melaut seluruhnya. Dengan demikian jumlah pasokan ikan di TPI Tasikagung dapat melimpah dan harga ikan kembali stabil.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…