Ahmad Murtadlo memiliki semangat tersendiri saat menggeluti ilmu falak. Selain karena kecintaannya dalam ilmu itu, pria yang biasa di panggil Kang Tadlo itu juga memiliki greget untuk melestarikan ilmu yang tidak semua orang bisa dan paham.

Santri lulusan Pondok Pesantren Alhamdulillah Desa Kemadu, Kecamatan Sulang menyampaikan, ilmu falak memang terbilang unik untuk dipelajari. Utamanya dari kalangan kaum santri.

Ilmu falak merupakan ilmu yang berkaitan dengan orbitan atau lintasan benda-benda langit. Termasuk di dalamnya terkait gerhana bulan yang memang berhubungan dengan revolusi bumi dan bulan.

Ia pun tertarik untuk mengajarkan ilmu yang ia sudah pelajari bertahun-tahun ini ke sjumlah sekolah. Tetapi jumlah sekolah di Rembang kata warga Desa Pragu, Sulang itu sekolah yang menerapkan pelajaran ini sangat sedikit.

“Memang seperti ilmu astronomi kalau pelajaran di sekolah umum. Madrasah Kemadu salah satu sekolah yang mempertahan pembelajaran ilmu falaq. Kalau gak salah jumlhnya ada lima sekolah, Pamotan , Sedan, Sarang, dan Kragan,” katanya.

Bedanya, kalau dalam pendidikan pesantren, ilmu falak ini akan mengkombinasikan dengan kitab-kitab yang memang sudah menjadi pegangan. Ilmu falak sendiri sangat bermanfaat untuk beberapa hal, seperti menentukan arah kiblat, menentukan awal dan akhir bulan.

Untuk saat ini, ilmuan falak modern juga banyak berkreasi. Salah satunya dengan mengkombinasikan data astronomi modern dengan kitab-kitab ilmu falak. Sehingga akurasi perhitungan juga makin presisi.

Namun salah satu langkah mempertahankan ilmu falaq ialah dengan memasukkan ke dalam kurikulum pendidikan pesantren maupun madrasah. Meskipun madrasah sebagian kecil madrasah sudah menerapkan itu.

Sebenarnya ilmu falaq sangat dibutuhkan dikalangan masyarakat muslim. Misalnya terkait penetapan waktu ramadan dan hari raya idul fitri, hingga penenentuan arah kiblat. (Asmui)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…