Kecamatan Kaliori, saat ini, telah banyak mencatatkan perkembangan. Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Rembang, Mochamad Hanies Cholil Barro’, saat apel di Halaman Pendapa Kecamatan Kaliori, Hari Senin (23/5).

Wakil Bupati mengatakan Kecamatan Kaliori ini mencatatkan banyak perkembangan diantaranya tumbuhnya desa-desa wisata, dimulainya penjajakan pertanian organik, merambahnya kuliner, kerja-kerja sosial bertebaran dan kerja-kerja kepemudaan juga menggeliat.

“Yang terkini, sudah mulai ada desa yang berani berinovasi dalam pelayanan kepada masyarakat. Menjadikan desanya sebagai smart village. Ini keberanian yang perlu dicontoh, tidak hanya oleh desa yang lain, tetapi juga oleh Kecamatan,” Imbuhnya.

Gus Wabup menjelaskan dengan adanya perkembangan itu pihaknya mengharapkan agar pemerintah kecamatan sebagai kepanjangan kewenangan dari Pemerintah Kabupaten supaya mengedukasi kepada pemerintah desa.

Gus Hanies meminta Pemerintah Kecamatan supaya tak boleh absen dalam melayani masyarakat dan menjadi penghubung sekaligus pendorong bagi perkembangan desa-desa.

Selain perkembangan-perkembangan tadi, menurut Gus Hanies dirinya juga melihat tantangan yang perlu dihadapi bersama di Kaliori.

“Paling tidak soal-soal kebencanaan dan kohesi (daya rekat) sosial serta kerukunan, yang membutuhkan campur tangan kita bersama” Ujarnya.

Orang nomor 2 di Kabupaten Rembang ini menyebutkan salah satunya kesiapsiagaan terhadap bencana perlu ditingkatkan, agar desa-desa di Kaliori menjadi desa tangguh bencana.

Selain itu, kerukunan masyarakat di desa dan antardesa perlu terus dijaga, agar bisa beraktivitas dan membangun dengan nyaman. Tidak boleh lagi ada cek cok warga antardesa, apapun alasannya.

Sementara itu Penyakit pada mulut dan kuku (PMK) yang menjangkiti ternak petani di kecamatan ujung barat Kabupaten Rembang itu, perlu jadi perhatian. Jangan sampai dibiarkan terus berkembang.(Dari Kaliori Masudi melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Sudah ada 509 Ekor Sapi Terserang PMK

Pemilik sapi di Rembang perlu meningkatkan kewaspadaannya. Kerena Penyakit Mulut dan Kuku…

Dugaan Sementara Rumah Amblas di Dukuh Grajen Karena Ada Sumber Air Besar Di bawahnya

REMBANG – Belasan rumah terancam roboh karena tanah yang ditempati rawan amblas.…

Diduga Mengantuk Truk Seruduk Kendaraan Di depannya

REMBANG – Diduga mengantuk sebuah kendaran jenis truk Fuso, tabrak kendaraan yang…

Menunggu Hibah dari Pusat 83 Pedagang Sudah Berjualan di Pasar Kreatif Lasem

REMBANG – Pengelolaan pasar kreatif Lasem sampai dengan hari ini, masih dipegang…