Penataan Kota Pusaka Lasem bisa dikatakan hampir selesai. Untuk di kawasan desa Karangturi yang juga menjadi sasaran penataan kini menjadi lokasi nongkrong yang asyik ketika sore dan malam hari.

Namun kondisi itu tentu mendatangkan Pekerjaan Rumah (PR) bagi pemerintah. Desa Karangturi sebagai desa wisata tentu harus menjaga wilayahnya tetap bersih dan nyaman untuk dikunjungi.

Pada malam hari masih ada saja anak muda yang nongkrong di sepanjang jalan rumah merah Heritage ke barat dan Pondok Pesantren Kauman ke selatan membuang sampah sembarangan. Hal itu tentu patut disayangkan , terlebih daerah tersebut sudah menjadi tujuan wisata.

Kepala Desa Karangturi Muhari mengatakan pihaknya rutin patroli tiap malam, setelah mendapat laporan banyak sampah berceceran di lokasi penataan kota pusaka.

Tak hanya itu dirinya bersama jajaran Pemdes dan Babinkamtibmas pernah menemukan botol minuman keras. Hal itu tentu tak dapat dibenarkan dan dibiarkan.

“Kita patroli itu pernah menemukan botol minuman 2, kita ambil. Mereka bukan dari pemuda desa sini, anak- anak muda dari luar desa,” ujarnya.

Muhari menghimbau kepada siapa saja yang berkunjung ke Karangturi agar tidak melakukan hal- hal negatif seperti minum-minuman keras dan membuang sampah sembarangan. Karangturi ini merupakan desa wisata yang harus dijaga kebersihan.

“Kita mengarahkan untuk pemuda desa karangturi mengamankan. Setiap malam kita adakan patroli, biar desa kita aman, terhindar dari miras dan sampah- sampah itu, ” tuturnya.

Tak jarang pada malam hari ada seorang wanita yang sering lewat ke salah satu gang di Karangturi yang mengingatkan mereka yang asyik nongkrong untuk tak membuang sampah sembarangan.

Hal tersebut pun mendapatkan apresiasi dari Kades yang menyukai sepakbola. Dirinya bangga jika ada orang yang peduli terhadap kebersihan di wilayah yang dipimpinnya.

“Kami tentu turut bangga ada orang yang peduli kebersihan di kota pusaka lasem ini. Tentu sangat membantu kami dalam menjaga kebersihan tempat wisata, ” pungkasnya.(Dari Lasem Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…