Satu per satu bus yang melintas di jalan pantura Rembang diberhentikan di terminal. Kendaraan umum tersebut lantas diperiksa mulai dari kelengkapan surat kendaraan, kondisi kesehatan supir hingga kondisi kendaraan.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Rembang, Raidiyanto menyampaikan kegiatan tersebut merupakan kegiatan ramp check bagi kendaraan umum yang rutin dilakukan. Guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

“Kami selalu setiap ada angkutan masal dinas perhubungan mengantisipasi mengadakan ramp check pemeriksaan kendaraan,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan ramp check tersebut meliputi pemeriksaan perlengkapan kendaraan, termasuk sistem penerangan kendaraan, ban kendaraan, fisik kendaraan, hingga surat-surat kendaraan.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari sejak Selasa (26/4) kemarin hingga Rabu (27/4) itu pengemudi juga dites urine. Hal itu guna memastikan sopir tidak dalam pengaruh minuman keras ataupun obat terlarang.

“Kita tidak ada target, intinya kita mengantisipasi bahwa kendaraan tersebut layak jalan, termasuk surat-surat kendaraan, termasuk kru kendaraan sebisa mungkin harus bebas dari narkoba, makanya dilakukan cek urin juga, kalau masalah teknis kendaraan mendekati masa-masa angkutan masal biasanya dari kabupaten masing-masing asal kendaraan sudah memeriksa,” jelas dia.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya menggandeng pihak kepolisian, tenaga kesehatan dan jasa marga. Total ada 65 personel gabungan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…