Jelang libur natal dan tahun baru (Nataru) harga sejumlah bahan pokok mulai merangkak naik. Naiknya sejumlah harga bahan pokok membuat aktivitas jual beli di pasar kota Rembang nampak lesu.

Salah seorang pedagang sembako, Endang, Senin (19/12) menyampaikan naiknya sejumlah bahan pokok mulai terjadi sejak awal Desember. Bahan pokok yang mengalami kenaikan harga diantaranya telur ayam, bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, cabai rawit hijau, dan beberapa sayuran.

Untuk harga telur ayam, yang sebelumnya Rp. 27 ribu kini naik menjadi Rp. 31 ribu per kilogram. Kemudian bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan harga Rp. 3 hingga 5 ribu per kilogram.

“Per kilogramnya (bawang putih) kalau yang besar itu harga jual sampai Rp. 25-26 ribu. Kalau sebelumnya sekitar Rp. 22-23 ribu per Kilogram. Kalau bawang merah kurang lebih sama,” imbuhnya.

Kenaikan paling signifikan terjadi pada cabai rawit merah atau biasa disebut cabai setan. Dari yang sebelumnya Rp. 30 ribu, kini menjadi Rp. 40 ribu per kilogram. Menurutnya, kondisi tersebut membuat para pembeli untuk sementara menahan keinginannya untuk berbelanja.

Pedagang sembako lainnya, Juari juga mengaku jumlah pembeli semakin hari semakin sepi semenjak naiknya harga sejumlah bahan pokok. Belum lagi ditambah banyaknya pedagang yang berjualan di luar pasar membuat pedagang yang di dalam pasar tidak kebagian pembeli.

“Ya agak menurun, pokoknya yang di dalam pasar menurun. Sekarang yang jual di luar pasar kan banyak, yang jualan di pinggir-pinggir jalan. Pokoknya yang di dalam pasar kalau tidak punya bakul ya ngantuk istilahnya,” bebernya.

Dirinya mengungkapkan, tidak semua bahan pokok mengalami kenaikan harga. Seperti cabai keriting hijau, cabai keriting merah, dan tomat harganya tergolong masih stabil.(Dari Rembang Rendy Teguh Wibowo melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…