Satlantas Polres Rembang bersama dengan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Sarang Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Prov Jateng dan DIY melakukan penertiban kendaraan muatan barang yang terindikasi overload, overdimensi, dan overcapacity yang hendak masuk ke wilayah Rembang dari arah Jawa Timur.

Selain menertibkan, kegiatan rutin itu juga memberikan sosialisasi terkait bahaya dan akibat dari kendaraan yang overload, overdimensi, dan overcapacity saat digunakan melintasi jalan umum.

Kanit Kamsel Satlantas Polres Rembang Aiptu Hartono, Senin (14/2) mengatakan, kegiatan penertiban kendaraan muatan barang yang terindikasi overload, overdimensi, dan overcapacity bertujuan untuk memberi keamanan bagi pengguna jalan lain.

Pasalnya tidak sedikit kasus kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh kendaraan yang memiliki muatan yang berlebih. Selain itu juga mengantisipasi kerusakan infrastruktur jalan akbibat beban muatan kendaraan yang terlalu berat.

“Kendaraannya biasanya dilebarkan, diperpanjang, dan ditinggikan. Dengan maksud biar muatanya bisa lebih banyak. Selain itu kendaraan sudah standar tapi muatanya berlebihan sampai ketinggiannya berlebihan,” terangnya.

Dirinya menyebutkan, kegiatan tersebut juga merupakan upaya untuk mengejar target nasional bahwa tahun 2023 di Indonesia sudah zero kendaraan angkutan barang yang overload, overdimensi, dan overcapacity.

Untuk itu pihaknya juga menghimbau kepada bengkel karoseri atau industri yang membuat badan kendaraan serta pemilik maupun penyedia jasa angkut untuk memenuhi ketentuan muatan barang dengan tidak merubah kapasitas muatan.

Satlantas Polres Rembang langsung melakukan tindakan tilang terhadap kendaraan yang membawa muatan berlebihan. Sementara untuk kendaraan yang overdimensi, ditindaklanjuti oleh Dinas Perhubungan Rembang karena terkait dengan uji tipe. (Rendi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…