Wakil Bupati Rembang, Mochammad Hanies Cholil Barro’ mengajak kepada pegawai di Inspektorat Rembang, mengawal pelaksanaan reformasi birokrasi dan pencegahan tindak pidana korupsi. Hal itu untuk mewujudkan good governance, clean goverment, dan pelayanan publik, terutama demi tercapainya visi Rembang Gemilang 2026.

Hal itu disampaikannya saat memimpin apel di Aula Kantor Inspektorat Rembang, Hari Rabu (26/1).

Gus Hanies mengatakan inspektorat dalam bekerja tidak hanya menggalakkan audit dan review saja, namun juga membuka ruang konsultasi.

“Apalagi di awal-awal tahun seperti ini, musti harus ada komunikasi yang intens dengan para pengguna anggaran di Kabupaten Rembang. Agar di pertengahan dan akhir tahun bisa lebih enteng pekerjaannya,” Harapnya.

Gus Wabup memohon agar dinas yang berkantor di jalur pantura Desa Tireman, Kecamatan Rembang itu tidak sekadar doing bussiness as usual;  bertahan pada zona nyaman, namun harus bisa berinovasi untuk meningkatkan kemampuan dan perannya. Pasalnya, sudah didukung peraturan perundang-undangan yang kuat. Ini sebagai dasar kewenangan lnspektorat untuk melakukan setiap kegiatan pembinaan dan pengawasan terhadap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di pemerintahan.

Gus Wabup meminta agar ada peningkatan kapabilitas aparat pengawasan intern pemerintah karena dimungkinkan objek-objek pemeriksaan bertambah seiring perbaikan-perbaikan kebijakan. Harapannya di zaman digital ini juga bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk mengatasi keterbatasan sumber daya manusia dan memperkecil risiko kesalahan teknis yang sering ditemui dengan sistem manual.

Menanggapi hal itu, Inspektur Kabupaten Rembang, Mustain menyampaikan pihaknya siap melaksanakan secara bertahap. Karena perlu penyesuaian-penyesuaian langkah pemeriksaan.(Masudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…