Festival tong tong klek merupakan acara tahunan yang wajib digelar sebagai budaya khas Kabupaten Rembang di setiap akhir ramadan. Setelah vakum selama 2 tahun akibat pendemi covid-19, tahun ini direncanakan akan kembali digelar.

Bupati Rembang Abdul Hafidz menuturkan, turunnya kasus aktif covid-19 membuat aturan PPKM mendapat kelonggaran. Sehinga untuk menggelar festival tahunan seperti tong tong klek masih sangat dimungkinkan.

Kesenian tradisional khas Kabupaten Rembang yang hanya digelar setahun sekali di bulan Ramadan ini memang selalu ditunggu-tunggu masyarakat pantura timur ini. Bahkan menjadi salah satu event yang dinanti-nanti oleh warga asli Rembang yang bekerja di luar kota, yang sudah pulang kampung.

Masih memungkinkan, iya. Karena kondisinya sudah memungkinkan, jadi  budaya itu akan kita munculkan lagi karena kondisinya sudah memungkinkan,” terangnya.

Untuk diketahui, tradisi tong-tong klek awalnya merupakan tradisi membangunkan umat muslim untuk bersahur saat bulan Ramadan. Seiring perkembangan waktu, tradisi dibuat menjadi festival yang dilombakan oleh Pemkab.

Sementara itu, Kapolres Rembang melalui Kasat Reskrim Polres Rembang, AKP Hery Dwi Utomo menyampaikan untuk persiapan menghadapi acara festival tong tong klek pihak kepolisian sifatnya hanya menyiapkan saja. Sembari menunggu keputusan sacara pasti penyelenggaraan acara tersebut.

Yang penting kita menyiapkan saja, karena ini kan secara A1nya nanti akan ada ketentuan lain dari pimpinan kita,” pungkasnya. (Rnd/Rd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like

Gus Wabup : Rembang Jadi Etalase NU

Wakil Bupati Rembang H M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies) meminta kader…

Wabup Minta Sekretariat DPRD Optimalkan Publikasi Kerja Anggota Dewan

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang mempunyai tugas besar untuk mengatasi…

Drupoh, Tradisi Unik Saat Panen Duku Woro

Desa Woro Kecamatan Kragan terkenal dengan buah dukunya atau masyarakat biasa menyebutnya…

Gus Hanies: Bangunan Gedung Harus Ramah Difabel

Pemerintah Kabupaten Rembang berupaya membuat akses ramah difabel saat membangun gedung. Hal…