Harga Sejumlah Komoditas Sayuran Melonjak

 

REMBANG – Jelang perayaan imlek, harga beberapa komoditas sayuran di Pasar Induk Rembang mengalami kenaikan. Faktor gagal panen akibat curah hujan yang meningkat belakangan ini ditengarai menjadi penyebab.

Salah satu pedagang di pasar induk Rembang, Juhari menyebutkan kenaikan harga terjadi pada komoditas cabai dan tomat. Cabai merah keriting dari Rp. 40 ribu kini naik menjadi Rp 52 ribu per kilogram. Sedangkan cabai hijau keriting dari Rp 24 ribu kini naik menjadi 28 ribu per kilogram.

Sementara harga tomat, dari Rp 12 ribu kini naik menjadi Rp 18 ribu per kilogram. Menurut para pedagang, kenaikan harga komoditas sayuran ini terjadi hampir setiap hari secara bertahap seiring naiknya curah hujan di Kabupaten Rembang.

“Harga naik karena barang kurang, kalau hari-hari besar seperti menjelang imlek, tahun baru, idul adha dan idul fitri itu biasanya pasti naik,” kata dia.

Sementara itu, pedagang lainnya, Sukartinah mengungkapkan kenaikan harga sudah berlangsung sejak 1 minggu lalu. Minimnya pasokan menjadi pemicu kian melambungnya harga cabai dan tomat.

“Karena tidak ada barangnya, ada cuma sedikit-sedikit. Kondisi pasarnya ini sepi (pembeli),” imbuhnya.

Para pelanggannya pun yang masih berbelanja di tempatnya terpaksa mengurangi jumlah pembeliannya. Semisal yang awalnya belanja cabai 1 kilogram kini hanya setengah kilogram. (Dari Rembang Rendy Melaporkan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *